Wedang Uwuh, Minuman Penghangat Saat Cuaca Ekstrim

Daftar Isi
Sebutannya memang unik dan aneh, Wedang uwuh. Dalam bahasa Jawa, Wedang berarti minuman dan uwuh artinya sampah. Tapi meski dinamai minuman sampah, Wedang uwuh ampuh menghangatkan tubuh di tengah cuaca ekstrim saat musim hujan.

Minuman ini berasal dari kawasan Yogyakarta selatan, Kabupaten Bantul. Dinamakan minuman sampah karena bahan-bahannya berupa dedaunan dan cuplikan kayu sehingga mirip sampah.

Wedang uwuh sangat cocok disajikan selagi masih panas dan hangat. Minuman ini memiliki cita rasa manis yang berasal dari gula dan rasa pedas yang berasal dari rempah-rempah, terutama jahe. Warna cairannya merah cerah karena juga berasal dari serutan kayu secang. Saat disedu, Wedang uwuh akan menimbulkan aroma harum akibat daun kulit manis dan cengkeh yang ditabur bersama dedaunan tersebut di atas. Efek meminum wedang ini tentunya tubuh akan berasa hangat

Selain di Jogja sebagai kota asalnya, menu wedang uwuh ini juga bisa anda temukan di Kedai Sore Jalan Cipunegara Surabaya.

Cara Meracik
Untuk meracik minuman ini, dibutuhkan bahan-bahan seperti jahe, kayu secang, kayu dan daun kulit manis (cassia vera, Cinnamomum cassia), akar daun serai, bunga cengkeh tersebut diseduh dengan air panas. Saat seduhan bahan-bahan tersebut mengeluarkan warna merah khasnya, masukkan Gula Jawa (gula merah) secukupnya. Aduk rata.

Sumber : detik.com

1 komentar

Comment Author Avatar
Anonim
Selasa, April 02, 2013 11:33:00 AM Hapus
Saya pernah coba beberapa merk wedang uwuh yang ditawarkan di pasaran maupun di online shop, dari beberapa merk tersebut yang paling saya sukai dan yang rasanya paling enak menurut saya sih Wedang Uwuh Angkringan Jogja ...
Ciri kemasannya pake tas kertas model jadul & etnik cocok banget ama ketradisionalannya....

Soal harga sih menurut saya sesuai dengan rasanya....
Kata orang ada Rasa ada harga....
Hampir tiap malam saya mengkonsumsi wedang uwuh angkringan jogja ini untuk menjaga kesehatan...
Hasilnya tiap hari fit siap tempur bro...
Saya biasa beli di toko oleh-oleh seputaran Jogja.
Kalo ga salah websitenya www.angkringan-jogja.com