cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Teks Lirik Sholawat Ya Rasulallah Salamun Alaik (Tumhiho): Ungkapan Rindu dan Cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawat Ya Rasulallah Salamun Alaik adalah salah satu sholawat yang sering dibaca dan didengarkan oleh umat Islam, terutama saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini merupakan ungkapan rindu dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan utusan Allah SWT dan pemimpin dua alam. 

Sholawat ini memiliki lirik yang sangat indah dan menyentuh, yang menggambarkan keagungan, keindahan, dan kemurahan hati Nabi Muhammad SAW, serta kerinduan untuk bertemu dan bersalam dengan beliau. Sholawat ini juga merupakan doa agar kita mendapatkan syafaat dan barokah dari Nabi Muhammad SAW.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang teks lirik sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik Tumhiho, beserta terjemahan dan penjelasan singkatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami dan mengamalkan sholawat ini dengan lebih baik.

Video Sholawat Ya Rasulallah (Tumhiho) versi Gus Aldi

Teks Lirik Sholawat Ya Rasulallah Salamun Alaik Tumhiho

Berikut adalah teks lirik sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik Tumhiho:


يارسول الله سلام عليك ، يارفيع الشان والدرج

Yâ Rosûlallâh salâmun ‘alaik, yâ rofî’asy-syâni waddaroji


عطفة ياجيرة العلم ، ياأهيل الجود والگرم

‘Athfatan yâ jîrotal ‘alami, yâ uhailal jûdi wal karomi


نحن جيران بذا الحرم ، حرم الإحسان والحسن

Nahnu jîrônu bidzâl haromi, haromil ihsâni wal hasani


نحن من قوم به سگنوا ، وبه من خوفهم امنوا

Nahnu min qoumin bihî sakanû, wa bihî min khoufihim âminû


وبأيات القرآن عنوا ، فاتئد فينا أخا الوهن

Wa bi âyâtil qur-ãni ‘unû, fatta-id fînâ akhôl wahani


نعرف البطحا وتعرفنا ، والصفا والبيت يألفنا

Na’riful bath-hâ wa ta’rifunâ, wash-shofâ wal baitu ya,lafunâ


ولنا المعلی وخيف منا ، فاعلمن هذا وکن زکن

Wa lanâl Ma’lâ wa khoifu minâ, fa’laman hâdzâ wakun zakini


ولنا خير الأنام أب ، وعلي المرتضی حسب

Wa lanâ khoirul anâmi abu, wa ‘Aliyyul murtadlô hasabu


رب فانفعنا ببرگتهم ، واهدناالحسنی بحرمتهم

Robbi fanfa’nâ bibarkatihim wahdinâl husnâ bi hurmatihim

Terjemahan dan Penjelasan Lirik Sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik

Berikut adalah terjemahan dan penjelasan lirik sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik:


Wahai utusan Allah, semoga keselamatan tetap padamu,

Wahai yang berbudi luhur dan bermartabat tinggi


Di bait ini, penyanyi menyapa Nabi Muhammad SAW dengan ucapan salam, yang merupakan doa agar beliau selalu dalam keadaan baik dan sejahtera. Penyanyi juga memuji Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT dan makhluk-Nya, serta memiliki akhlak yang mulia dan terpuji.


Rasa kasihmu wahai pemimpin tetangga,

Wahai ahli dermawan dan pemurah hati


Di bait ini, penyanyi menyatakan rasa cintanya kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan pemimpin tetangga bagi orang-orang Mekah, tempat beliau dilahirkan dan berdakwah. Penyanyi juga mengagumi Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang sangat dermawan dan pemurah hati, yang selalu membantu dan memberi kepada orang-orang yang membutuhkan.


Kami tetangga di tanah haram ini.

Tanah haram tempat berbuat baik dan memberi kebaikan.


Di bait ini, penyanyi menyebut dirinya sebagai tetangga Nabi Muhammad SAW di tanah haram Mekah, yaitu tanah yang disucikan oleh Allah SWT dan dilarang melakukan perbuatan jahat di dalamnya. Penyanyi juga menyebut tanah haram sebagai tempat untuk berbuat baik dan memberi kebaikan, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.


Kami dari kaum yang tinggal di tempat itu.

Tempat yang mereka merasa aman dari ketakutan.


Di bait ini, penyanyi menyebut dirinya sebagai bagian dari kaum yang tinggal di Mekah, yaitu kaum Quraisy, yang merupakan kaum terhormat dan terkuat di Arab. Penyanyi juga menyebut Mekah sebagai tempat yang memberikan rasa aman dari ketakutan, karena Mekah memiliki keistimewaan dan perlindungan dari Allah SWT.


Dengan ayat-ayat Al-Qu’an mereka mendapat inayah.

Renungkanlah di hati kita, wahai yang berjiwa lemah.


Di bait ini, penyanyi menyebut ayat-ayat Al-Qur'an sebagai sumber inayah atau pertolongan dari Allah SWT bagi orang-orang yang beriman. Penyanyi juga menasehati dirinya sendiri dan orang-orang yang berjiwa lemah untuk merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an dan mengambil pelajaran darinya.


Kami mengenal padang pasir dan ia mengenal kami,

Bukit Shafa dan Baitil-Haram menawan hati kami.


Di bait ini, penyanyi menyebut padang pasir sebagai tempat hidupnya bersama Nabi Muhammad SAW, yang merupakan tempat yang keras dan penuh tantangan. Penyanyi juga menyebut Bukit Shafa dan Baitil-Haram sebagai tempat-tempat suci yang menarik hatinya untuk beribadah. Bukit Shafa adalah salah satu bukit di Mekah, tempat Nabi Muhammad SAW berdakwah pertama kali. Baitil-Haram adalah Ka'bah, yaitu rumah Allah SWT di bumi.


Kami punya Ma’la dan masjid Kha’if di kota Mina.

Ketahuilah ini, beradalah dan beribadahlah di sana.


Di bait ini, penyanyi menyebut Ma'la dan masjid Kha'if sebagai tempat-tempat penting bagi umat Islam di kota Mina, yaitu kota dekat Mekah yang menjadi bagian dari ibadah haji. Ma'la adalah pemakaman umum di Mina, tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Nabi Muhammad SAW. Masjid Kha'if adalah masjid besar di Mina, tempat Nabi Muhammad SAW shalat bersama para sahabatnya saat haji. Penyanyi juga mengajak kita untuk menget




Baik, saya akan melanjutkan potongan tulisan artikelnya. Berikut adalah paragraf selanjutnya:


Mengetahui ini, beradalah dan beribadahlah di sana.


Di bait ini, penyanyi mengajak kita untuk mengetahui sejarah dan keutamaan tempat-tempat tersebut, dan berusaha untuk berlaku adil dan beribadah dengan baik di sana.


Kami mempunyai ayah sebaik-baik makhluk.

Dan adalah keturunan Ali yang diridhai.


Di bait ini, penyanyi menyebut Nabi Muhammad SAW sebagai ayah sebaik-baik makhluk, yang merupakan bapak dari semua umat Islam. Penyanyi juga menyebut Ali bin Abi Thalib, yang merupakan sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW, sebagai keturunan yang diridhai oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.


Ya Allah, dengan barokah mereka, berila kami kemanfaatan.

Dan tunjukilah kami kebaikan dengan kehormatan mereka.


Di bait ini, penyanyi berdoa kepada Allah SWT agar memberikan kemanfaatan dan kebaikan kepada kita dengan barokah dan kehormatan dari Nabi Muhammad SAW dan Ali bin Abi Thalib. Barokah adalah keberkahan yang melimpah dari Allah SWT. Kehormatan adalah penghormatan yang diberikan oleh Allah SWT dan makhluk-Nya.

Kesimpulan

Sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik adalah sholawat yang mengungkapkan rindu dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan utusan Allah SWT dan pemimpin dua alam. 

Sholawat ini memiliki lirik yang sangat indah dan menyentuh, yang menggambarkan keagungan, keindahan, dan kemurahan hati Nabi Muhammad SAW, serta kerinduan untuk bertemu dan bersalam dengan beliau. 

Sholawat ini juga merupakan doa agar kita mendapatkan syafaat dan barokah dari Nabi Muhammad SAW.

Semoga dengan membaca dan mengamalkan sholawat ini, kita dapat meningkatkan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW, dan mendapatkan syafaatnya di hari akhir. Aamiin ya Rabbal 'alamin.

close