cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Proyek Pegasus: Peretasan Telepon Global Besar-besaran Ditemukan, Targetnya Jurnalis dan Politisi


ELEKTRIK.id - Pegasus Spyware paling kuat yang pernah dikembangkan mungkin telah ditemukan di ponsel di seluruh dunia. Investigasi besar menuduh bahwa malware tersebut digunakan untuk meretas telepon para politisi, aktivis, dan editor berita terkemuka di seluruh dunia.

Kabarnya perangkat lunak peretasan – atau spyware – dipasarkan dan dilisensikan kepada pemerintah oleh perusahaan Israel NSO Group. Organisasi media nirlaba yang berbasis di Prancis, Forbidden Stories, telah berbagi akses ke daftar bocor yang berisi lebih dari 50.000 nomor telepon.

Spyware tingkat militer digunakan oleh pemerintah untuk melacak teroris dan penjahat. Diduga malware itu digunakan untuk meretas smartphone jurnalis, aktivis hak asasi manusia, eksekutif bisnis, dan dua wanita yang paling dekat dengan jurnalis Saudi yang terbunuh Jamal Khashoggi, The Washington Post melaporkan.

Pegasus versi sebelumnya menggunakan spear-phishing – email bertarget yang digunakan untuk menyebarkan perangkat lunak berbahaya. Sekarang mampu melakukan apa yang disebut serangan "zero-click". Ini mengeksploitasi kerentanan "zero-day". Itu berarti panggilan WhatsApp sederhana dapat menginfeksi perangkat dengan kode berbahaya – bahkan jika target tidak mengangkat telepon

NSO Group dan spyware-nya telah menjadi berita utama setidaknya sejak 2016 ketika para peneliti menuduhnya membantu memata-matai seorang pembangkang di Uni Emirat Arab.

Pengungkapan hari Minggu meningkatkan masalah privasi dan hak dan mengungkapkan sejauh mana perangkat lunak perusahaan swasta Israel dapat digunakan oleh kliennya secara internasional.

Tingkat penggunaan Pegasus dilaporkan oleh The Washington Post, The Guardian, Le Monde dan outlet berita lainnya yang berkolaborasi dalam penyelidikan kebocoran data.

The Post mengatakan jumlah total ponsel dalam daftar yang benar-benar ditargetkan atau diawasi tidak diketahui. Dikatakan 15.000 dari jumlah dalam daftar berada di Meksiko dan termasuk politisi, perwakilan serikat pekerja, jurnalis dan kritikus pemerintah.

Nomor ponsel politisi, jurnalis, ilmuwan terdaftar

Situs berita investigasi India The Wire melaporkan bahwa 300 nomor ponsel yang digunakan di India – termasuk nomor menteri pemerintah, politisi oposisi, jurnalis, ilmuwan, dan aktivis hak asasi – ada dalam daftar.

Jumlah tersebut termasuk lebih dari 40 jurnalis India dari publikasi besar seperti Hindustan Times, The Hindu dan Indian Express serta dua editor pendiri The Wire, katanya.

Pemerintah India membantah pada tahun 2019 bahwa mereka telah menggunakan malware untuk memata-matai warganya setelah WhatsApp mengajukan gugatan di AS terhadap NSO, menuduhnya menggunakan platform perpesanan untuk melakukan spionase dunia maya.

The Post mengatakan analisis forensik dari 37 smartphone dalam daftar menunjukkan telah ada upaya dan keberhasilan peretasan perangkat, termasuk dua wanita yang dekat dengan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang dibunuh pada 2018 oleh regu pembunuh Saudi. .

Penggunaan Spyware Pegasus untuk meretas telepon wartawan Maroko dan Al-Jazeera pernah dilaporkan oleh Citizen Lab, Amnesty International dan penelitian di Universitas Toronto.

Mampu Mengubah Ponsel Menjadi Mata-mata Saku

The Post mengatakan angka-angka dalam daftar itu tidak terkait tetapi outlet media yang berpartisipasi dalam proyek tersebut mampu mengidentifikasi lebih dari 1000 orang di lebih dari 50 negara.

Mereka termasuk beberapa anggota keluarga kerajaan Arab, setidaknya 65 eksekutif bisnis, 85 aktivis hak asasi manusia, 189 jurnalis, dan lebih dari 600 politisi dan pejabat pemerintah termasuk kepala negara dan perdana menteri dan menteri kabinet.

Laporan itu mengatakan banyak nomor dalam daftar itu berkerumun di 10 negara - Azerbaijan, Bahrain, Hongaria, India, Kazakhstan, Meksiko, Maroko, Rwanda, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Pegasus diberitakan menjadi alat yang sangat invasif yang kabarnya bisa mengaktifkan kamera ponsel dan mikrofon target dan mampu mengakses data pada perangkat target.

NSO telah membantah yang berfokus pada laporan oleh Forbidden Stories, menyebutnya "penuh dengan asumsi yang salah dan teori yang tidak didukung," dan NSO telah mengancam gugatan pencemaran nama baik.

NSO menyatakan bahwa, teknologinya tidak terkait dengan pembunuhan keji Jamal Khashoggi. NSO juga menekankan bahwa teknologinya dijual hanya kepada penegak hukum dan badan intelijen pemerintah yang diperiksa dengan tujuan tunggal untuk menyelamatkan nyawa melalui pencegahan kejahatan dan aksi teror.

NSO telah menyatakan kepada AFP bahwa mereka "sangat terganggu dengan tuduhan itu" dan telah meninjau informasi tersebut.

Perusahaan NSO didirikan pada tahun 2010. Pendirinya adalah orang Israel Shalev Hulio dan Omri Lavie, yang berbasis di pusat hi-tech Israel Herzliya, dekat ibukota Israel, yaitu Tel Aviv. NSO Group ini telah mempekerjakan ratusan orang di Israel dan di seluruh dunia.

Post a Comment

Post a Comment

close