cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Fitur Tersembunyi Telegram yang Tak Miliki Aplikasi Lain, Termasuk Whatsapp

Telegram. Foto: Freepik
Telegram punya banyak fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan lain, termasuk WhatsApp. Contohnya 4 fitur tersembunyi berikut ini, yuk cobain!

1. Find People by Location

Kalau kamu ingin mendapatkan teman online baru dan memperluas jaringan, maka fitur ini sangat cocok untuk kamu. Telegram mengizinkan dan memberi akses kepada para penggunanya untuk menemukan grup baru dan teman baru dari lokasi terdekat di sekitarmu.

Tapi pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. Jadi, apabila grup atau pengguna yang kamu cari belum mengaktifkan fitur tersebut, kamu belum bisa menemukan mereka.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, caranya mudah, silahkan masuk ke tab Contacts lalu berikan izin lokasi saat diminta atau ditanyakan.

2. Fitur Slow Mode

Apabila kamu sudah familiar dengan grup Telegram, kamu pastinya tahu bahwa aplikasi pesan ini mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa membayangkan berapa banyak pesan yang mungkin didapatkan tiap harinya dari satu grup saja.

Agar pengguna tidak merasa kewalahan, admin grup mempunyai opsi 'Slow Mode', yakni suatu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur "Slow Mode" ini, silahkan kamu masuk ke grup yang dimiliki lalu pilih Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang kamu inginkan pada bagian bawah halaman. Bagi para admin grup, fitur ini mempermudah mereka untuk mengelola grup agar lebih efisien dan juga tetap nyaman digunakan.

3. Rekam Video Call

Selain Zoom dan Google Meet, kamu bisa mengadakan online meeting lewat Telegram dengan sangat mudah? Bahkan, tidak hanya kamu bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, kamu juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke tiap teman atau kolega yang kamu kenal di Telegram.

Untuk menggunakan fitur yang satu ini, tekan opsi tombol Chat dan klik simbol mikrofon. Sebelum kamu menggunakan fitur 'Rekam Video Call', izinkan akses aplikasi Telegram untuk menyampaikan dan mengirim video dan gambar.

4. Private Channel

Telegram juga menawarkan suatu fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengiriman pesan lainnya: membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi.

Sebagaimana telah diketahui, Aplikasi Telegram memiliki fitur khusus yang bernama fitur channel. Fitur inilah yang mengizinkan para pengguna untuk menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers. Fitur channel ini biasanya dapat dilihat dan diakses secara publik. Fitur ini juga cocok untuk pengguna yang membutuhkan fitur untuk menyimpan data penting atau pesan penting apa pun.

Untuk menggunakan fitur channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung tipe gadget atau device yang digunakan. Secara singkat, cara memakai dan mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:
  1. iPhone: Masuk ke menu 'tab Chats' lalu pilih 'New Message' di sudut kanan bagian atas aplikasi, dan klik 'New Channel'.
  2. Android: Masuk ke menu 'Chats', lalu pilih simbol pensil dan klik 'New Channel' dari daftar pilihan yang tersedia.
  3. Desktop: Pilih menu 'hamburger' di sudut kiri sebelah atas lalu klik 'New Channel'.

Post a Comment

Post a Comment

close