cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Google Adsense : Pengertian, Manfaat, Cara Mendaftar dan Potensi Keuntungan

Penghasilan tambahan bisa Anda peroleh sekarang ini dengan mudah lewat internet. Salah satu program yang menyediakannya adalah Google AdSense. Bagi para blogger atau publisher, media ini memang sudah dipakai sebagai sumber penghasilan sampingan atau bahkan utama. 

Kami yakin, Anda juga pernah membaca berita atau mendengar mengenai seorang blogger maupun youtuber yang telah meraup penghasilan besar hingga puluhan juta hanya dari sini. Hal ini memang benar adanya dan Anda pun bisa memperoleh penghasilan sama seperti mereka. Akan tetapi, tentu saja awalnya harus mendaftar dahulu. 

Oleh karena itulah, dalam artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Apa itu Adsense, manfaat, bagaimana cara mendaftarnya, cara pasang iklannya, sampai potensi penghasilan. Sudah siap untuk mulai belajar? Mari simak penjelasannya berikut. 

Apa Pengertian Google Adsense?

Google Adsense merupakan program periklanan yang dibuat oleh Google yang memperbolehkan para penggunanya untuk menjadi partner. Seluruh pengguna bisa mengikuti layanan ini jika memang memiliki website atau blog.

Para user atau pemilik website yang sudah mengikuti program ini, berikutnya akan memperoleh bayaran dari Google saat iklannya memperoleh klik pengunjung. Situs yang memiliki ciri telah didaftarkan ke program AdSense adalah memiliki iklan di sejumlah sudut nya atau bahkan diletakkan di tengah artikel. Ini tergantung dari pemilik situs melakukan pengaturannya. 

Hampir semua pemilik situs melakukan monetisasi menggunakan program ini. Penggunaan layanannya juga bisa dibilang cukup mudah. Adsense juga memberikan komisi yang lebih besar daripada program periklanan lainnya. Ini menjadi kesempatan yang sangat besar bagi para blogger, dan oleh karena itu semuanya seakan berlomba-lomba untuk mendaftarkan situsnya untuk mengikuti program AdSense.

Manfaat Menggunakan Google Adsense

Sebelum Anda mencoba Google Adsense, tentunya lebih baik jika mengetahui apa saja manfaat dari program ini. Berikut kami jelaskan beberapa manfaatnya: 

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tentu saja keuntungan utama dari mengikuti program Google Adsense yaitu bisa memperoleh penghasilan tambahan. Iklan yang dipasang di situs menjadi sumber "receh" yang menggiurkan saat Anda punya banyak pengunjung. 

Penghasilan yang bisa Anda peroleh dari iklan Google Adsense ini ditunjang oleh beberapa faktor, mulai dari bagaimana popularitas situs serta besarnya nilai iklan yang ada. Jika semakin kompetitif kata kunci yang menjadi target, pada umumnya nilai setiap klik iklan juga semakin besar. 

Pihak Google akan memberikan pembayaran setiap bulannya. Penarikan uang tersebut dapat Anda lakukan dengan ketentuan, yaitu sudah memenuhi saldo minimal sebesar 100 dolar atau sekitar 1,4 juta rupiah (Kurs Rp 14.152).

Iklan Akan Sesuai Dengan Isi Situs

Konten website merupakan bagian yang penting dalam menarik perhatian dan menjadi inti dari sebuah situs. Oleh karena itu, situs web tersebut akan memerlukan penataan yang baik. Saat Anda memakai layanan misalnya Google Adsense atau sejenisnya, ini akan mengurangi ruang yang ada. Karenanya, sering kali ini malah membuat pengunjung tidak menyukainya. 

Keuntungan dari program periklanan Adsense ini yaitu iklan Anda akan muncul sesuai dengan isi situs. Jadi, tidak akan terlalu mengganggu para pembaca. Anda bisa membayangkan, apabila konten iklan punya konteks yang sangat jauh berbeda dengan isi situsnya. Ini akan membuat sangat tidak nyaman. Contoh, situs Anda membicarakan tentang label hosting namun iklan yang muncul adalah tentang furniture. Ini tentu menjadi dua hal yang berbeda.

Bentuk Iklan Akan Bisa Disesuaikan

Keunikan situs atau website tentu penting bagi para pengunjung. Apalagi, kemudahan dalam melakukan iklan di Google Adsense, memang mampu menyesuaikan dengan ukuran konten. Para penggunanya dapat dengan mudah mengatur bagaimana bentuk, ukuran, bagaimana latar belakang, serta border iklan. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang Webmaster maupun search console, tentu bisa memanfaatkan program ini untuk semakin melengkapi situs.

Memiliki Banyak Referensi

Hasil menjadi program periklanan yang begitu populer. Bahkan, popularitasnya ini bisa jadi karena dokumentasi yang lengkap. Tidak hanya itu, dari banyaknya referensi Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet. Dokumentasi lengkap tersebut akan bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba layanan Google AdSense. 

Memberikan Statistik Yang Lengkap

Google Adsense juga akan menampilkan informasi tentang analisa dan statistik yang sangat lengkap kepada anda serta seberapa banyak penghasilan dari situs yang sudah didapatkan. Semua fitur ini dapat ditemukan pada menu dashboard. Bahkan, Anda bisa melihat berapa banyak jumlah klik serta berapa penghasilan setiap kliknya. Disamping itu, Anda juga bisa melihat bagaimana popularitas situs berdasarkan iklan yang tampil.

Selain dilengkapi fitur statistik, hal lain yang menarik dari Adsense yaitu adanya fitur keamanan yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang tidak diharapkan. Jadi, situs Anda tidak akan menampilkan iklan yang berpotensi mengganggu tampilan yang ada pada website milik Anda tersebut.

Cara Mendaftar Google Adsense

Mengenai cara membuat atau mendaftar ke program Google Adsense termasuk hal mudah, karena Anda hanya perlu memiliki email dan situs aktif. Setidaknya, ada empat hal yang harus anda lalui untuk bergabung pada program ini yaitu mulai dari membuat akun AdSense, melakukan aktivasi, membuat unit iklan, dan juga memasang kode iklan di situs. Berikut kami akan membahas langkah-langkahnya: 

Membuat akun Adsense

Pertama-tama Anda harus membuat akun Adsense dahulu. Bukalah halaman resmi Google Adsense dan kemudian cari sign up. Berikutnya, Anda bisa pilih daftar sekarang. Form registrasi akan muncul dan Anda harus mengisinya sesuai dengan situs dan email yang ingin didaftarkan. 

Berikutnya, Anda bisa scroll ke bawah kemudian klik 'save and continue'. Berikutnya, akan muncul verifikasi kembali. Anda cukup scroll ke bawah dan kemudian klik atau pilih 'create and account'. Maka, akun Anda sudah jadi tapi belum dapat dipakai. Untuk bisa memakainya maka terlebih dahulu Anda harus mengaktifkannya. 

Cara mengaktifkan akun AdSense 

Saat registrasi sudah beres dilakukan, Anda bisa masuk ke menu dashboard Google Adsense dan selanjutnya Anda harus memenuhi sejumlah informasi yang dibutuhkan. Hal yang penting dilakukan karena Anda harus memasukkan alamat dengan benar. Alasannya, alamat ini akan menjadi tujuan saat Anda ingin mencairkan pembayaran. Jadi, kalau salah menuliskan alamat maka Anda tidak akan menerima pembayarannya.

Jika sudah selesai, maka bisa klik 'submit'. Berikutnya, Anda akan diminta menyalin sejumlah baris kode ke situs. Kode ini berguna untuk identitas Adsense di dalam situs Anda. Jika salah memasukkannya, Anda tidak akan memperoleh iklannya atau iklan yang muncul tidak akan valid. 

Jika sudah ditambahkan, Jangan lupa untuk centang 'i've pasted the code into my site'. Ini untuk memastikan bahwa baris kode sudah ditambahkan ke situs Anda. Apa tujuannya? Supaya dari pihak Google bisa melakukan pengecekan serta verifikasi Apakah website yang anda pakai tersebut sudah layak atau belum untuk mulai mengikuti program ini.

Klik 'Done' untuk melanjutkan dan jika berhasil, Anda akan memperoleh pemberitahuannya. Sampai saat ini, umumnya Adsense akan meminta Anda menunggu setidaknya tiga hari. Namun, banyak juga yang butuh waktu lebih lama. Anda akan memperoleh email jika permintaan aktivasi akun AdSense berhasil dilakukan. Sebaliknya, jika permohonan ditolak, maka pihak Adsense juga akan mengirimkan email pemberitahuan mengenai informasi tersebut. 

Membuat Iklan Adsense

Selanjutnya, Setelah dari pihak Google Adsense setuju terhadap situs Anda untuk dimasukkan iklan ke dalamnya serta sudah aktif, berikutnya Anda bisa memasukkan iklan ke website. Untuk melakukannya, terdapat tiga hal yang bisa di-setting yaitu membuat unit ads, selanjutnya memilih Seperti apa tipenya, dan juga melakukan pengaturan Bagaimana gaya teks iklan yang akan ditampilkan.

Unit Iklan

Untuk membuat unit iklan (ads) masuk ke dashboard dan kemudian klik tab 'my ads'. Selanjutnya, Anda akan menemukan sejumlah menu yang berhubungan dengan pengaturan konten iklan. 

Berikutnya, pilih opsi 'add units' yang terdapat pada menu 'content'. Dalam tahap ini akan muncul daftar iklan yang pernah dibuat. Anda bisa memakai iklan yang telah ada atau bisa juga membuat yang baru. Saat ingin membuat unit iklan baru, maka Klik tombol '+new ad unit'. 

Memilih Tipe Iklan


Berikutnya Anda akan melihat sejumlah tipe iklan yang akan ditampilkan. Ada sejumlah pilihan yang bisa Anda pakai mulai dari iklan responsif, iklan leaderboard, large mobile banner, large rectangle, dan juga large skyscraper.

Disamping itu, Anda juga bisa memilih bagaimana tipe iklan. Paling tidak, terdapat 4 tipe iklan yang ada di program Google AdSense. Mulai dari iklan teks dan gambar, iklan berimbang, iklan di dalam artikel, dan iklan in feed. 

Anda bisa memilih salah satu diantara tipe dan ukuran iklan yang sesuai dengan yang diinginkan. Contohnya, Jika Anda memilih iklan 'responsif' dengan memiliki tipe 'text and display ads'. Maka, Anda bisa klik 'responsive' dan memilih 'text and display ads'. 

Memilih Gaya Teks Iklan

Tidak hanya sampai pada memilih tipe dan ukuran iklan. Anda juga bisa melakukan penyesuaian mengenai tampilan iklan dengan lebih lanjut. Tersedia sejumlah pilihan media iklan yang bisa diterapkan mulai dari pemilihan warna judul, Border, teks, url serta background. Fitur inilah yang menjadi salah satu keunggulan program periklanan Google Adsense.

Setelah semua sudah dilakukan pengaturan, jangan lupa untuk memilih 'save and get code'. Anda akan memperoleh beberapa baris kode dan di baris tersebut akan menjadi klan yang kemudian tampil di halaman situs. Anda bisa menyalin kode tersebut dan menambahkannya ke website sesuai dengan keinginan. 

Anda tidak usah khawatir tentang ukuran iklan, karena secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran yang tersedia di situs. Selanjutnya, klik 'close' agar menyelesaikan proses pembuatan unit iklannya. Anda tidak wajib untuk menambahkan kode baris pada saat itu juga. Akses ke unit yang sudah dibuat sewaktu-waktu bisa dilihat lewat menu "My ads" kemudian content, dan pilih "ad units". 

Cara Menambahkan Iklan Ke Dalam Situs Wordpress


Untuk menambahkan unit iklan yang sudah Anda buat ke dalam wordpress, ada beberapa cara yaitu sebagai berikut: 

Easy Google Adsense

Easy Google Adsense akan mempermudah proses monetisasi situs menjadi lebih sederhana. Anda tidak usah lagi menambahkan kode iklan secara manual ke dalam website. Apalagi, jika di setiap bagian situs berbeda-beda. Anda cukup menambahkan Google Adsense publisher id ke pengaturan. Dengan memakai plug-in ini, secara otomatis Google akan memunculkan iklan dengan optimal dan tentu akan memberikan tampilan menarik bagi setiap pengunjung situs. 

Ad Injection

Ad Injection menjadi plug-in yang bisa membantu Anda untuk memasukkan berbagai variasi iklan, salah satunya Google Adsense ke konten post dan wordpress page. Anda bisa melakukan pengaturan jumlah iklan berdasarkan panjangnya serta menyesuaikan siapa saja yang akan bisa melihat ini. 

Anda juga dapat menargetkan umur postingan, berapa target pengunjungnya sama serta alamat IP. Selanjutnya, iklan yang Anda masukkan bisa disesuaikan juga dengan lokasinya, yaitu random, bagian atas, atau bagian bawah. Atau, bisa juga di antara area sidebar maupun widget. Jika Anda ingin punya banyak pilihan, ad Injection bisa jadi pilihan bagus.

Ad Inserter

Ad Inserter menjadi plugin WordPress yang punya fungsi mengelola banyak iklan. Anda bisa Memakai tools ini agar menempatkan iklan di posisi yang paling optimal. Ad Inserter mendukung tidak hanya layanan Google Adsense, tetapi juga sejumlah penyedia iklan lain mulai dari Media.net, Google ad manager, dan juga Amazon Native Shopping Ads.

Tidak hanya Adsense atau plugin untuk dipasang unit iklan saja. Terdapat berbagai pilihan dalam menambahkan opt in form, javascript, HTML, skrip header, CSS, PHP, Analytic, serta pengesahan pada iklan di halaman situs. 

Menambahkan Iklan Secara Manual

Anda juga bisa menambahkan kode iklan Adsense tanpa harus instal plugin, dengan cara memakai widget pada wordpress. Caranya, login ke dashboard WordPress dan kemudian pilih 'appearance' dan pilih 'widget' dan kemudian Anda akan masuk ke menu widget. 

Berikutnya, tambahkanlah widget text. Anda bisa meletakkan sesuai kebutuhan, misalnya diletakkan pada left sidebar. Namun sama jika ingin iklan tampil di bawah, bisa menambahkannya ke widget footer.

Anda dapat mengisi bagian judul sesuai yang dikehendaki. Selanjutnya, untuk kode iklan Adsense bisa ditambahkan atau paste di dalamnya. Setelah itu, jangan lupa "save". Anda cukup perlu menunggu beberapa saat agar iklan yang bisa ditampilkan di situs. 

Berapa Penghasilan Dari Google Adsense?

Informasi tentang berapakah penghasilan blogger Indonesia dari program Google Adsense ini per bulannya adalah relatif. Diperkirakan, kisarannya antara Rp1.000.000 sampai Rp5.000.000 tergantung dari traffic atau jumlah pengunjung situs. 

Ada yang membahas mengenai hal ini di berbagai situs dan menunjukkan data bahwa dimulai dari 2-5 juta, tergantung juga dari jumlah update postingannya. Hal ini juga bukan hanya berasal dari Adsense, namun juga ditambah penghasilan dari content placement atau sponsored content, lomba blog maupun media sosial. 

Jika dirata-ratakan, penghasilan blogger Indonesia bisa mencapai Rp 5 juta. Jika blog berbahasa Inggris, maka penghasilannya bisa meningkat sampai 3 kali lipatnya. Cara perhitungan penghasilan blogger dari Adsense adalah 1000 visitor estimasinya menghasilkan 1 dollar. Jadi, jika ada 100 ribu visitor per bulan maka penghasilannya Rp 1 juta. Sedangkan, jika ada 1 juta visitor per bulan, maka pendapatannya berada di kisaran Rp 5 - 10 juta. 

Demikianlah ulasan mengenai Google Adsense dari mulai pengertian, manfaat, cara daftar, cara memasang iklan sampai potensi keuntungannya. Hal yang perlu dicatat, bahwa dalam program ini membutuhkan kesabaran dan jika Anda pemula sebaiknya fokus terhadap kualitas konten. Nanti, setelah kunjungan ke situs Anda sudah banyak, bisa mulai mendaftar. Kami harapkan apa yang telah dibahas di atas mempermudah anda untuk mengikuti program AdSense. 
Post a Comment

Post a Comment

close