cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

5 Hal yang Harus Diketahui Pengusaha Kreatif saat Meluncurkan Bisnisnya


Mengambil langkah pertama untuk menjadi pemilik usaha kecil atau pengusaha membutuhkan dedikasi, kerja keras, dan tekad. Seringkali Anda akan bertanya pada diri sendiri, “Apakah ini pilihan yang tepat untuk saya?” Anda mungkin merasa kewalahan pada awalnya, tetapi ketahuilah bahwa banyak orang lain merasakan hal yang sama.

Selain semua perencanaan dan dokumen yang diperlukan untuk memulai, Anda harus ingat untuk tetap fokus pada tujuan akhir Anda - merek Anda. Sebagai wirausahawan kreatif, Anda adalah mereknya. Anda menawarkan layanan atau produk unik kepada komunitas.

Seiring berkembangnya komunitas kreatif, berikut adalah 5 kiat utama yang perlu Anda ingat saat memulai bisnis:

1. Tetapkan tujuan bisnis Anda

Menyiapkan tujuan Anda adalah mengukir jalan Anda menuju kesuksesan wirausaha. Memiliki tujuan kecil dan jangka panjang akan memungkinkan Anda melacak kemajuan bisnis kecil Anda. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memiliki rencana bisnis. Tanpa rencana bisnis yang tepat, bisnis Anda kemungkinan besar akan gagal. Anda bisa kehilangan uang–dan cepat!  

Ketika Anda menetapkan tujuan Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 

Tujuan jangka pendek dapat ditetapkan berdasarkan bulan atau kuartal. Mereka akan memberi Anda rasa pencapaian setelah Anda menyelesaikannya. Mereka selaras dengan tujuan jangka panjang Anda dan membuatnya tampak dalam jangkauan. Plus, ketika Anda mendapatkan perasaan "Apa yang saya lakukan?" Anda dapat merujuk ke tujuan Anda dan mengingat "mengapa" Anda dan alasan bisnis Anda berharga.

2. Menentukan harga produk dan layanan Anda dengan tepat

Ketahui nilai dan nilai yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Sering kali, bisnis baru meremehkan jumlah waktu dan upaya yang dihabiskan selain peralatan, persediaan, dan biaya overhead saat mereka menentukan harga produk dan layanan mereka. Tidak menetapkan harga dengan benar dapat menyebabkan arus kas rendah dan membuat Anda marah setiap bulan.

Sebagai kontraktor independen dan pengusaha kreatif, Anda ingin mempertimbangkan berapa tahun Anda telah mengabdikan diri untuk kerajinan Anda. Tahun terakhir ini telah menunjukkan kepada kita pertumbuhan luar biasa yang berasal dari pengunduran diri yang besar dari karier. 

Anda tidak ingin menetapkan harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, dan Anda ingin menetapkan harga yang sesuai dengan persaingan. Seperti yang telah kita lihat dalam dua tahun terakhir, biaya pada banyak item telah naik. Bersiaplah untuk berpotensi menaikkan harga Anda untuk mempertahankan margin yang kuat. Ketika atau jika ini terjadi, segera beri tahu pelanggan Anda dan buka jalur komunikasi.

3. Membangun kehadiran media sosial

Anda mungkin memiliki kehadiran media sosial pribadi, tetapi sekarang saatnya untuk mengembangkan dan membangun halaman merek Anda. Sebagai seorang kreatif, Anda adalah produknya. Sama seperti Chanel atau Versace, nama Andalah yang akan berada di garis depan produk atau layanan Anda. Anda ingin memastikan bahwa Anda terwakili dengan baik.

Sangat penting bagi Anda untuk memisahkan diri dari profil pribadi Anda. Fokuskan upaya Anda untuk membangun kehadiran online profesional Anda. Dengan halaman bisnis profesional, Anda dapat memposting tentang produk atau layanan, harga, ulasan, dan terlibat dengan komunitas kreatif Anda - tidak ada batasnya! 

Halaman bisnis ini juga akan membantu Anda membangun kesadaran merek dan bisnis Anda. Pemahaman yang kuat tentang audiens target Anda akan membantu Anda memutuskan saluran media sosial apa yang akan digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengembangkan loyalitas dan keterlibatan. 

4. Teliti komunitas kreatif lokal Anda

Komunitas kreatif bermunculan di seluruh pelosok tanah air. Setiap komunitas dengan tujuan untuk saling membantu saat Anda membangun merek. Mereka menyediakan sumber daya online atau materi iklan pertemuan langsung yang digunakan saat mereka mengerjakan pengembangan merek mereka. Topik yang didukung mulai dari blogging, vlogging, media sosial, branding, pemasaran, menjalankan bisnis, dan banyak lagi.  

Komunitas kreatif didirikan atas dasar pendampingan, kolaborasi, dan dukungan kreatif wirausaha saat mereka memulai bisnis mereka. Komunitas-komunitas ini mendambakan untuk menginspirasi dan memberikan kepercayaan kepada para wirausahawan kreatif.  

Jangan pernah merasa bahwa Anda sendirian—karena Anda tidak sendirian! Jika struktur komunitas bukan sesuatu untuk Anda, ada juga rumah sosial. Beberapa kota besar memiliki keanggotaan rumah sosial untuk berjejaring dengan sesama rekan kreatif, antara lain: London, Asia, New York, Los Angeles, Miami, dan Austin. 

Suasana rumah sosial memberikan suasana seperti klub, dengan dinding yang dipenuhi karya seni, dan fasilitas yang akan memicu imajinasi batin Anda. Salah satu rumah sosial yang paling terkenal adalah Soho House,  dibuat 25 tahun yang lalu di London.  

5. Membangun kehadiran bisnis Anda 

Seperti semua bisnis baru, Anda harus ingat untuk menampilkan diri Anda secara profesional sejak awal. Siapkan email, alamat surat, dan nomor telepon tertentu untuk bisnis Anda – kami tahu menggunakan akun pribadi Anda memang menggoda, tetapi jangan lakukan! 

Sebagai perusahaan rintisan, menjalankan bisnis yang ramping dan dengan anggaran yang ketat adalah standar, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sumber daya yang terjangkau tersedia untuk Anda. Google menawarkan akun email gratis,  Google Voice (untuk nomor telepon baru), dan Google Profil.  

Salah satu item baris terbesar pada anggaran bisnis adalah ruang kantor. Saat membangun rencana bisnis Anda, pertimbangkan apakah memiliki kantor fisik diperlukan untuk perusahaan spesifik Anda.

Anda dapat terlihat profesional dan memiliki alamat jalan nyata dengan alamat virtual!  Apa itu alamat virtual? Penyedia alamat virtual akan mendigitalkan email Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya dan dokumen penting Anda secara online dari mana saja, kapan saja. 

Sumber: www.earthclassmail.com

Post a Comment

Post a Comment

close