cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Cara Memeriksa Model dan Konfigurasi Laptop Anda Secara Detail

Saat Anda memulai laptop, Anda dapat melihat detail konfigurasi dasarnya yang ditampilkan di layar info PC atau Sistem Windows. Namun, detail ini tidak lengkap seperti yang Anda dapatkan dari utilitas sistem yang menampilkan akun mendalam tentang detail laptop Anda terkait dengan konfigurasi sistem. 

Beberapa detail terpenting yang akan Anda dapatkan dari utilitas informasi sistem termasuk model laptop, layanan yang saat ini diinstal dan dijalankan, informasi terperinci tentang komponen perangkat keras seperti drive disk dan perangkat. Utilitas informasi sistem dapat dijalankan dengan menggunakan perintah Windows Run.

Windows dilengkapi dengan utilitas bawaan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan detail konfigurasi laptop. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui konfigurasi laptop Anda secara detail.

Tekan Tombol Windows. Ini akan membuka layar Mulai.

Ketik "Jalankan". Pilih "Jalankan" dari daftar hasil yang akan Anda lihat di layar.

Di bidang Buka, ketik "msinfo32". Setelah ini, klik "OK". Ini akan membuka jendela informasi sistem di layar. Di sini Anda akan menemukan informasi rinci tentang konfigurasi sistem. Di panel kiri jendela Anda akan menemukan daftar kategori dan di sisi kanan jendela Anda akan melihat deskripsi yang berkaitan dengan setiap kategori yang Anda lihat.

Dari panel kanan jendela yang Anda lihat sekarang, Anda dapat mengetahui konfigurasi umum laptop Anda termasuk versi BIOS dan memori fisik.

Dari daftar item, pilih informasi yang ingin Anda ketahui dan klik dua kali di atasnya. Anda akan menemukan daftar sub kategori yang ditampilkan. Klik pada sub-kategori sekarang untuk melihat informasi rinci tentang sub-kategori. 

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui informasi terkait tampilan laptop Anda, Anda dapat mengklik dua kali 'Komponen', lalu klik 'Tampilan'. Tiga kategori yang tersedia adalah 'Sumber Daya Perangkat Keras', 'Komponen', dan 'Lingkungan Perangkat Lunak'.

Cara / metode lain untuk mengetahui konfigurasi sistem laptop Anda

Metode-1

Klik tombol Mulai dan kemudian masukkan 'sistem' di bidang pencarian. Pilih 'informasi sistem' di bawah 'program'.

Metode-2

Klik 'Ringkasan sistem' dan Anda akan melihat detail mengenai sistem operasi yang diinstal pada komputer, detail prosesor dan sistem input dan output dasar, serta detail RAM.

Metode-3

Klik dua kali pada "Komponen." Dari daftar yang akan Anda lihat di depan Anda, pilih perangkat keras. Anda akan mendapatkan detail tentang namanya, nama pabrikan, lokasi pengemudi, dan detail lainnya.

Metode-4

Klik tombol Start, klik kanan pada "Computer" dan kemudian klik "Properties". Proses ini akan menampilkan informasi tentang merek dan model komputer laptop, sistem operasi, spesifikasi RAM, dan model prosesor.

Metode-5

Di laptop Windows, Anda tidak dapat melihat informasi tentang merek dan model motherboard. Namun Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z atau SiSoftware Sandra untuk mengetahui detail tentang motherboard.

Metode-6

Jika Anda ingin mencari beberapa detail spesifik tentang komputer Anda, buka Informasi Sistem, lalu ketik istilah pencarian yang relevan di bidang 'Temukan Apa', lalu klik "Temukan".


Post a Comment

Post a Comment

close