cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Cara Menciptakan Budaya Tempat Kerja yang Menghargai Tidur

Kualitas tidur sangat penting untuk kesejahteraan karyawan, tetapi banyak pengusaha mengambil pendekatan lepas tangan. Inilah cara Anda dapat mendukung karyawan agar lebih banyak beristirahat.

Tidur sangat penting untuk bekerja , tetapi karyawan tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Hampir setengah (48%) orang Amerika merasa mengantuk setidaknya dua hari seminggu , dan 28% merasa mengantuk setidaknya lima hari seminggu. Hasilnya: sakit kepala, lekas marah, dan penurunan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Penambahan beban kerja yang berat ke dalam campuran dan karyawan dapat menderita secara fisik, mental, dan profesional. Kurang tidur dan terlalu banyak bekerja mengunci karyawan ke dalam siklus tidak sehat yang dapat merusak kesehatan mereka dan bahkan memperpendek umur mereka. 

Hal ini merupakan tanggung jawab perusahaan dan pemberi kerja untuk membuat perubahan yang memutus siklus itu, sehingga karyawan dapat muncul untuk bekerja dengan sehat dan cukup istirahat.

Mengapa tidur penting di tempat kerja

Tidur adalah dasar dari kesehatan karyawan di tempat kerja. Istirahat malam yang baik—atau kurang istirahat—dapat memengaruhi setiap aspek kehidupan karyawan. Berikut beberapa alasan pentingnya tidur di tempat kerja:

1. Jaminan keselamatan

Tidur dan kesehatan secara keseluruhan berjalan beriringan. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, masalah kardiovaskular, dan kondisi kesehatan mental. Tidur juga memengaruhi kemampuan Anda untuk berfungsi di tempat kerja dan melakukan pekerjaan dengan aman. 

Ketika Anda mengantuk atau lelah, Anda bergerak lebih lambat, perhatian Anda lebih mudah melayang, dan Anda bisa menderita sakit kepala atau kabut otak. Akibatnya, kecelakaan, cedera, dan pengambilan keputusan yang buruk lebih mungkin terjadi. 

Itu sebabnya bagi banyak pekerja, tidur memainkan peran hidup atau mati. Karyawan seperti profesional perawatan kesehatan atau tenaga medis, pengontrol lalu lintas udara, pengemudi transportasi, pekerja sanitasi, dan petugas polisi berada dalam posisi yang sangat membahayakan. Karena jika mereka mengantuk di tempat kerja, mereka dapat membahayakan keselamatan mereka dan keselamatan orang-orang di sekitar mereka. 

2. Efektivitas dan produktivitas kerja 

Tanpa tidur yang cukup, kemampuan kognitif Anda bisa menurun, sehingga sulit untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, berkreasi, dan membuat keputusan yang cerdas. 

Jika Anda tidak dapat fokus atau mengingat detail penting di tempat kerja, Anda tidak hanya kehilangan efisiensi—kinerja pekerjaan Anda juga terganggu. Di sisi lain, saat Anda cukup istirahat, Anda cenderung melakukan tugas dengan lebih efisien, berpikir lebih tajam, dan tetap terlibat.  

3. Suasana hati dan kesehatan mental

Tidur memiliki efek yang kuat pada suasana hati Anda sehari-hari dan kesejahteraan mental secara keseluruhan . Kurang tidur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap perubahan suasana hati dan lekas marah, sementara kurang tidur jangka panjang dapat membuat Anda menghadapi masalah yang lebih serius seperti depresi dan kelelahan. Namun, ketika Anda menilai kualitas tidur, Anda cenderung memiliki waktu yang lebih mudah untuk menavigasi masalah dan situasi sulit di tempat kerja. 

Apakah karyawan Anda cukup tidur? 

Kebijaksanaan konvensional mengatakan delapan jam tidur adalah standar emas, tetapi kenyataannya adalah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Masalah kesehatan, kebutuhan neurodiversitas, dinamika keluarga, dan akomodasi tempat tinggal semuanya dapat berperan dalam berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan setiap karyawan untuk berkembang—serta berapa banyak tidur yang sebenarnya mereka dapatkan.

Untuk mengukur seberapa istirahat karyawan Anda, mulailah dengan meninjau penelitian terbaru. Dalam survei kesehatan mental di tempat kerja. Telah ditemukan bahwa sembilan dari 10 karyawan tidak merasa cukup istirahat, dan delapan dari 10 mengalami kesulitan untuk tertidur dan tertidur. Terlebih lagi, 87% karyawan merasa stres, 75% tidak dapat mengendalikan kekhawatiran mereka, dan 70% merasa sedih atau tertekan—semuanya adalah pengalaman dan keadaan yang dapat menyebabkan kurang tidur. 

Cara mengetahui karyawan cukup tidur

Berikut adalah beberapa cara tambahan untuk mengetahui apakah karyawan Anda cukup tidur:

Lakukan survei

Kirim survei email anonim kepada karyawan untuk menanyakan tentang kebiasaan tidur mereka. Alih-alih menanyakan jumlah jam tidur rata-rata karyawan, fokuslah untuk mengajukan pertanyaan yang memberi Anda wawasan tentang perasaan karyawan. Pikirkan: “Seberapa sering Anda merasa mengantuk di tempat kerja?” dan “Seberapa sering Anda merasa terlalu stres atau cemas untuk tidur?” 

Anda dapat menggunakan skala satu hingga lima sehingga karyawan dapat memberi peringkat tanggapan mereka dari "tidak pernah" hingga "hampir selalu".

Nilai risiko tidur di tempat kerja Anda

Tempat kerja tertentu lebih kondusif untuk tidur daripada yang lain. Jika perusahaan Anda memerlukan shift awal atau akhir, secara teratur meminta karyawan untuk bekerja lembur, atau mengadakan acara kerja wajib di malam hari atau di akhir pekan, Anda memiliki risiko tidur di tempat kerja yang lebih besar daripada organisasi yang membatasi jam kerja hingga siang hari. 

Budaya tempat kerja juga mempengaruhi tidur. Beban kerja yang berat dan fleksibilitas yang terbatas dapat menyebabkan kurang tidurnya karyawan, seperti halnya masalah di tempat kerja yang lebih berbahaya seperti rasisme, diskriminasi, dan intimidasi. 

Periksa karyawan untuk tanda-tanda kantuk dan kelelahan

Ajari manajer dan pemimpin perusahaan seperti apa kekurangan tidur, dan beri tahu mereka untuk memperhatikan perubahan signifikan dalam perilaku dan sikap karyawan sehari-hari. 

Berikut adalah beberapa tanda umum kekurangan tidur di tempat kerja: 

  • Kesulitan fokus atau mengingat detail
  • Menguap terus menerus
  • Sifat lekas marah 
  • Kelelahan fisik (seperti postur tubuh yang buruk, merosot di meja, perlu sering istirahat)
  • Hari-hari yang terlewatkan di tempat kerja

Cara menciptakan budaya tempat kerja yang menghargai tidur

Mengubah budaya organisasi Anda untuk mendukung tidur membutuhkan waktu dan usaha, tetapi ini adalah investasi yang berharga untuk kesehatan dan efektivitas karyawan Anda. 

Berikut adalah lima langkah utama yang harus dilakukan: 

1. Bongkar budaya hiruk pikuk

Langkah pertama untuk mempromosikan kesadaran dan kesehatan tidur yang lebih baik adalah menyiapkan tempat kerja Anda untuk sukses. Itu berarti menyesuaikan kebijakan dan mengubah sikap yang—secara langsung atau tidak langsung— mendorong kerja berlebihan dan meningkatkan stres .  

Berikut adalah beberapa ide:
  • Ajarkan manajer dan supervisor keterampilan manajemen beban kerja .
  • Temukan cara untuk membatasi jumlah kerja lembur karyawan. Hindari kerja di luar jam kerja, batasi waktu lembur per periode pembayaran, atau alihkan tugas-tugas tertentu. 
  • Dorong para pemimpin perusahaan untuk menetapkan batasan dengan jam kerja mereka sebagai contoh. 
  • Kenali karyawan yang berusaha meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja mereka. Soroti kisah karyawan di buletin email atau teriak orang selama rapat tim. 
  • Jangan mengirim email kantor atau menerima telepon setelah jam kerja. 

2. Perkenalkan lebih banyak fleksibilitas bagi karyawan 

Fleksibilitas di tempat kerja berpotensi membuka kunci tidur yang lebih baik bagi karyawan di semua industri dan posisi. Ketika orang memiliki lebih banyak pilihan tentang bagaimana, kapan, dan di mana mereka bekerja, mereka dapat mengadopsi jadwal dan kebiasaan yang memungkinkan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan lebih banyak waktu henti. 

Bagi beberapa karyawan, tidur lebih banyak bisa sesederhana bekerja dari rumah dua kali seminggu dan tidur di kamar alih-alih bepergian. Karyawan lain mungkin lebih suka memulai hari kerja mereka lebih awal, sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai sebelum tidur. 

Tergantung pada struktur organisasi perusahaan Anda dan kebutuhan pelanggan, Anda mungkin tidak dapat menawarkan fleksibilitas penuh kepada karyawan, tetapi masih ada solusi yang memberi mereka lebih banyak kebebasan. Caranya: 
  • Membiarkan karyawan memiliki lebih banyak pilihan atas shift mereka
  • Memberi karyawan waktu kedatangan dan keberangkatan yang fleksibel
  • Membiarkan karyawan bekerja dari rumah 
  • Menawarkan jam kerja yang fleksibel atau khusus 
  • Mendorong karyawan untuk beristirahat sepanjang hari

3. Mendidik karyawan tentang pentingnya tidur

Beberapa karyawan tidak tahu betapa pentingnya tidur, dan yang lain tidak memiliki alat untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Anda dapat mendidik dan mendukung karyawan dengan mengadakan seminar tidur virtual atau di tempat. Diskusikan bagaimana tidur memengaruhi kinerja dan kesehatan kerja, berbagai faktor yang dapat menghambat tidur, dan seperti apa kebersihan tidur yang baik . 

Anda juga dapat membuat dan mendistribusikan buku pegangan yang membagikan praktik dan sumber daya tidur cerdas untuk mendapatkan bantuan terkait masalah lain. Kecemasan, depresi, masalah penyalahgunaan zat, dan stresor keluarga semuanya dapat memengaruhi tidur karyawan. 

4. Tingkatkan lingkungan tempat kerja

Lingkungan tempat karyawan bekerja memiliki potensi untuk memfasilitasi atau menghambat tidur. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa cahaya alami dapat membantu mengatur ritme sirkadian Anda , yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.   

Untuk membuat perubahan positif, mulailah dengan mengevaluasi lingkungan tempat kerja Anda . Apakah karyawan memiliki tempat kerja yang bersih dan teratur? Jika mereka melakukan pekerjaan yang menuntut fisik, apakah ada tempat di mana mereka dapat beristirahat dan memulihkan tenaga? Seberapa nyamankah perabot kantor? 

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat lingkungan kerja lebih ramah tidur:
  • Tentukan area yang tenang bagi karyawan untuk bermeditasi , tidur siang, atau beristirahat dengan mata tertutup sepanjang hari. 
  • Konfigurasikan ulang tata letak furnitur atau peralatan agar lebih banyak cahaya alami masuk. 
  • Gunakan lampu overhead yang meniru cahaya siang hari . 
  • Siapkan beberapa kursi atau bangku di luar tempat karyawan bisa mendapatkan udara segar dan Vitamin D di siang hari. 
  • Investasikan pada perabot kantor yang ergonomis agar karyawan lebih nyaman secara fisik. 
  • Sediakan beberapa makanan ringan yang sehat dan berenergi yang dapat diambil karyawan dari area umum tempat kerja (pikirkan: buah, kacang-kacangan, yogurt, hummus, atau teh hijau).
  • Berikan alat bantu karyawan yang bergantung pada komputer (seperti perangkat lunak pemblokiran cahaya biru atau kacamata) untuk membantu mengurangi jumlah cahaya biru yang merangsang yang mereka lihat. 
  • Berikan pekerja jarak jauh gaji untuk meningkatkan ruang kerja rumah mereka. 

5. Dorong dan rayakan karyawan yang mengambil PTO

Untuk mendapatkan tidur yang lebih baik secara teratur, karyawan membutuhkan waktu untuk mengisi ulang dan bersantai jauh dari tekanan dan tuntutan pekerjaan. Mereka juga membutuhkan dukungan dan dorongan dari manajer dan atasan mereka untuk melakukannya. 

Karyawan seharusnya merasa nyaman pergi berlibur atau mengambil cuti ketika mereka sakit atau kelelahan—tetapi banyak yang tidak. Tiga dari empat karyawan penuh waktu mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk tidak mengambil hari sakit atau hari kesehatan mental ketika mereka seharusnya melakukannya, dan satu dari empat karyawan merasa mereka mengecewakan tim mereka ketika mereka berlibur.

Anda dapat mendorong karyawan untuk mengambil cuti berbayar (PTO) dengan: 
  • Menegakkan kebijakan “tidak bekerja saat sakit” yang ketat 
  • Menerapkan liburan di seluruh organisasi atau penutupan hari libur
  • Memberi insentif kepada karyawan untuk menggunakan PTO mereka dengan menawarkan bonus atau menghilangkan rencana rollover
  • Mendukung karyawan dengan beban kerja dan tanggung jawab mereka ketika mereka mengambil cuti
  • Menormalkan istirahat dari pekerjaan dengan membicarakan tentang liburan dan waktu istirahat selama rapat dan check-in tim
  • Mendorong manajer dan pemimpin tim untuk mengambil cuti dan hari sakit
  • Memberi karyawan hari sakit ekstra, hari kesehatan mental yang ditentukan, atau tunjangan liburan

Post a Comment

Post a Comment

close