cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Pengertian Domain dan Manfaat Nama Domain Bagi Pelaku Bisnis

Domain sebagai alamat website untuk mempermudah pengunjung masuk ke sebuah situs. (Sumber: Shutterstock)
Adanya teknologi yang semakin canggih seperti kehadiran internet, membuat setiap orang punya peluang besar untuk menghasilkan banyak uang dengan lebih mudah. Salah satu pilihan untuk memperoleh uang melalui internet adalah dengan membangun sebuah website. 

Melalui situs atau website inilah, kita bisa menulis atau mengisinya dengan berbagai konten menarik supaya bisa menarik minat pengunjung internet. Kita juga bisa melakukan monetisasi blog melalui Google AdSense, afiliasi, endorsement dan lain sebagainya.

Jika Anda saat ini sedang mulai merintis untuk membangun website sendiri, maka ada satu hal yang juga perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan banyak traffic adalah dengan memilih nama domain yang tepat untuk blog atau website bisnis Anda.

Manfaat Memilih Nama Domain yang Tepat

Nama domain nantinya menjadi salah satu penunjang dalam menunjukkan sisi profesionalitas dari website bisnis yang Anda bangun. Nama domain juga dapat digunakan sebagai brand identity (identitas bisnis) serta brand awareness guna menarik semakin banyak pengunjung pada website.

Jadi secara sederhana, nama domain ini nantinya akan dijadikan sebagai identitas brand bisnis Anda dan juga sekaligus sebagai petunjuk profesionalitas Anda.

Penjelasan Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik dan otentik yang biasanya disisipkan sebelum ekstensi .COM, .ID, atau lainnya sehingga para pengunjung internet dapat mengidentifikasi secara lebih mudah alamat IP dari masing-masing situ website yang ada di internet.

Perlu diketahui pula bahwa domain dan subdomain memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya yang paling mencolok yaitu terletak pada kaitan satu sama lain. Domain dapat berdiri sendiri tanpa adanya subdomain. Tetapi subdomain tidak bisa berdiri sendiri. 

Domain juga sering disebut sebagai URL utama untuk alamat situs di internet. Biasanya, domain dituliskan dengan diawali “www” dan diakhiri dengan “.COM”, ".NET", “.ID”, atau ekstensi lainnya. Untuk saat ini, ekstensi domain yang paling banyak diminati oleh pemilik website di berbagai negara adalah .COM.

Domain ID merupakan ekstensi domain yang khusus digunakan di Indonesia. (Sumber: Shutterstock)

Menggunakan nama domain bisnis yang tepat sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis kalian. Karena sejatinya nama domain juga berfungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses ke berbagai situs tanpa harus menghafalkan satu persatu alamat IP dari masing-masing situs yang terdaftar di internet. 

Manfaat lain dari domain adalah dapat pula digunakan untuk mengarahkan pengunjung pada laman media sosial. Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan “Domain Forwarding”.

Berikut ada beberapa contoh nama domain bisnis yang populer di dunia, yaitu Netflix.com, Twitter.com, Kaskus.co.id, hingga Facebook.com. Contoh lainnya yaitu nama domain “Elektrik". Jika kalian ingin membaca artikel-artikel seputar blog dan dunia teknologi, maka tidak perlu memasukkan huruf acak alamat IP (misal 192.168.73.70), sebagai gantinya kalian hanya perlu menuliskan nama domain yaitu www.elektrik.id. 

Post a Comment

Post a Comment

close