cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Strategi dan Tips Memilih Nama Domain Bisnis yang Tepat

Pada postingan kali ini akan disajikan beberapa tips dan strategi memilih nama domain bisnis yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas brand awareness dan membangun identitas brand Anda. 

Memakai Ekstensi Nama Domain Selain .COM

Tips dan strategi pemilihan nama domain bisnis yang pertama yaitu berkaitan dengan pemilihan ekstensi domain. Domain .COM adalah ekstensi yang paling mainstream dan paling banyak digunakan oleh pemilik website profesional di seluruh dunia saat ini. Diperkirakan sudah ada sekitar 130 juta website yang menggunakan nama domain .COM.

Adapun nama domain menarik lainnya yang mempunyai beberapa ekstensi selain .COM, diantaranya seperti .ID, .SITE, .NET, .CO.ID, atau .TECH. Beberapa domain tersebut berguna memberikan kesan unik dan anti-mainstream pada website bisnis Anda.

Pilihan nama domain menarik selain .COM (Sumber: Shutterstock)
Salah satu alasan menggunakan beberapa ekstensi domain tersebut, karena ekstensi domain .COM telah banyak disewa oleh para pengguna website lainnya di seluruh penjuru dunia. Sehingga nama domainnya yang masih tersedia pun kian menipis. 

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan ekstensi domain .NET atau .NEWS misalnya, maka nama domain yang tersedia masih cukup banyak serta dapat menjangkau target market khusus untuk pengguna di seluruh dunia. 

Melakukan Pengecekan Terhadap Legal Trademark

Strategi memilih nama domain bisnis selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai trademark. Trademark hampir sama dengan copyright dan patent. Namun ketiga istilah tersebut tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Penting untuk mendaftarkan nama domain secara legal melalui trademark. 

Trademark merupakan merek dagang yang secara legal telah dilindungi oleh hukum di Negara tertentu. Dengan mendaftarkan nama domain Anda secara sah pada website database trademark, maka tidak akan ada pihak lain atau situs website lain yang berhak menggunakan nama domain yang persis atau bahkan mirip dengan milik Anda. 

Tips tersebut juga berlaku saat Anda ingin menggunakan nama domain bisnis tertentu, sebaiknya memeriksa terlebih dahulu ketersediaan nama domain yang Anda inginkan tersebut di beberapa situs seperti USPTO.gov, e-Status HKI, dan ASEAN TM View. 

Jika nama domain bisnis yang Anda inginkan ternyata sudah terdaftar di database merek dagang milik pemerintah, maka sebaiknya mencari nama domain lainnya agar tidak tersangkut urusan hukum. 

Carilah Nama Domain Bisnis yang Simpel, Mudah Diingat, Mudah Diketik dan Dilafalkan

Mengapa harus mudah dilafalkan dan mudah diketik? Karena nantinya para pengguna internet dapat mengunjungi laman website Anda dengan cara mengetikkan nama domain pada browser mereka. Jika nama domain Anda simple, pendek, dan tidak susah, maka pengunjung akan lebih mudah untuk mengetikkannya pada browser. 

Selain itu, saat ini telah populer sebuah teknologi voice recognition di Google. Para pengguna internet dapat menggunakan browser melalui perintah suara yang diucapkan di smartphone (Google Voice). Sehingga di era digital seperti sekarang, penting pula untuk memastikan nama domain bisnis yang dipilih benar-benar mudah untuk dieja dan dilafalkan.

Sumber: exabytes.co.id
Post a Comment

Post a Comment

close