cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

3 Cara Mengubah Situs Web Anda Menjadi Sumber Kekuatan Digital Marketing

Internet tidak seperti dulu. Pada awal 2000-an, sebagian besar situs web tidak lebih dari sekadar "papan reklame" merek statis di "jalan raya informasi". Dan tidak ada yang salah dengan itu. Pendekatan itu memungkinkan perusahaan menjangkau lebih banyak orang dengan informasi dasar. Tetapi ada keinginan untuk mendapatkan lebih banyak dari pelanggan, dan beberapa perusahaan mulai menjadi lebih ambisius, menuai keuntungan kompetitif sebagai hasilnya.

Saat aset merek sederhana berkembang menjadi publikasi konten, situs web menjadi lebih interaktif dan mulai menghadirkan pengalaman multimedia yang lebih kaya. Blog, aplikasi flash, halaman umpan balik, dan aset yang dapat diunduh menjadi taktik yang biasa – mendorong keterlibatan dan menghasilkan prospek. Tetapi sekali lagi para inovator yang terus mendorong untuk lebih maju akan menikmati hadiah yang sangat besar.

Saat ini, dengan 70% atau lebih perjalanan pembeli terjadi secara online, dan saluran digital mendominasi pengalaman pelanggan secara keseluruhan, situs web modern yang dikerjakan dengan baik adalah akselerator perjalanan pelanggan dan pembangkit tenaga pengisi s inialuran. 

Namun bahkan dengan semua potensi pengalaman digital, banyak perusahaan masih gagal untuk mendapatkan hasil maksimal dari web. Anda dapat mengaitkannya dengan prioritas yang bersaing, silo internal, kurangnya kesepakatan tentang strategi dan potensi situs, atau alasan lain yanlg tak terhitung jumlahnya.

Apa yang kami ketahui: situs web adalah alat pemasaran yang paling lengkap untuk menangani perubahan kebutuhan pelanggan dengan segera. Mereka juga bisa menjadi hambatan besar jika sudah ketinggalan zaman atau tidak sesuai dengan strategi bisnis Anda secara keseluruhan.

Mendapatkan C-suite dan dukungan pemangku kepentingan yang penting terkait strategi, manajemen, dan eksekusi Anda dapat membuat setiap tujuan perusahaan — mulai dari pemasaran hingga ke bawah — pada halaman yang sama. Ini satu-satunya cara untuk mendorong hasil yang dibutuhkan perusahaan untuk menang di pasar saat ini. Inilah cara melakukannya.P

Buat kasus: Bisnis yang tidak berinovasi tertinggal

Apa pemikiran di luar kotak yang membawa Anda sejauh ini dalam pemasaran situs web Anda? Ambil perusahaan penyimpanan data Qumulo, misalnya. Tim pemasaran digitalnya sepenuhnya mengubah strategi web perusahaan untuk memperkenalkan eksperimen dan iterasi berkelanjutan pada kampanye digital. Pendekatan ini menghasilkan lebih dari 1400% pertumbuhan peringkat kata kunci halaman pertama, 300% pertumbuhan lalu lintas organik, dan 400% pertumbuhan pengiriman formulir.

Ini hanyalah salah satu contoh dari apa yang dapat terjadi ketika tim digital mengumpulkan organisasi untuk mengubah proses mereka, berpotensi mengubah tumpukan teknologi mereka, dan mulai memperlakukan situs web sebagai produk makhluk hidup, bernapas yang terus berkembang. Jika Anda tidak melakukan ini, bertaruh bahwa satu atau lebih pesaing Anda melakukannya.

Bisnis yang menyeret kaki mereka pada transformasi digital ketinggalan. Dua tahun terakhir telah selamanya mengubah cara kita berinteraksi dengan internet dan berapa banyak pelanggan yang mengandalkan situs web. Misalnya, selama Februari 2020, tingkat konversi online meningkat hampir 9%, mencerminkan tingkat urgensi belanja yang biasanya hanya terlihat di Cyber ​​Monday. Industri seperti pendidikan, penerbitan, layanan internet dan perangkat lunak, dan konsultasi mengalami lonjakan lalu lintas mendekati 20% dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

Tetapi apakah semua bisnis siap menghadapi peluang luar biasa itu? Sayangnya tidak. Terlalu banyak yang dibekukan dalam waktu, mengandalkan halaman statis yang ketinggalan zaman untuk meraih bagian mereka dari penjualan berlebih itu. Itu adalah taruhan yang salah.

Kejadian ini semakin mengejutkan mengingat peluang pertumbuhan yang didorong oleh transformasi digital terjadi di setiap sektor sekarang, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan tinggi, pengiriman makanan, dan advokasi sosial. Faktanya, bukan hanya bisnis yang rugi ketika inovasi situs web diabaikan. Lembaga nonprofit dan pendidikan tinggi dapat kehilangan peluang pertumbuhan tanpa pendekatan modern ke web.

Apa saja cara baru perusahaan menanggapi lonjakan baru-baru ini? Sebagai permulaan, semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dalam software-as-a-service (SaaS), dan industri mengharapkan untuk menghasilkan $94,9 miliar pada tahun ini. Banyak organisasi juga mengubah cara mereka berpikir tentang tujuan situs web mereka, atau akhirnya menyadari kenyataan bahwa mereka memerlukan strategi portofolio sehingga bagian yang berbeda dari bisnis mereka dapat mengambil alih tujuan mereka yang bergantung pada web.

Tujuan setiap orang adalah mengubah situs web (atau situs!) mereka menjadi mesin pertumbuhan. Pemimpin yang cerdas melakukannya dengan tetap berfokus pada konsumen dan berdasarkan data: 
  • Secara konsisten berfokus pada analitik, 
  • Mengumpulkan umpan balik pelanggan,
  • Mencari poin keluhan pelanggan, dan banyak lagi. 
Semua itu kembali ke pendekatan pemasaran, yang sesuai dengan peluang keterlibatan baru. Sungguh menakjubkan apa yang dapat Anda buka saat web berubah dari hambatan menjadi pendorong inovasi.

Menggalang strategi pemasaran digital yang mendorong pertumbuhan

Strategi pemasaran digital dengan pengalaman situs web yang berfokus pada pelanggan penuh dengan manfaat. Dan praktik web modern akan membawa Anda ke sana, dengan siklus sprint dan rilis yang lebih cepat, peningkatan otonomi tim pemasaran, dan keyakinan bahwa tidak ada yang akan rusak saat penerapan.

Tetapi tidak selalu jelas bagaimana para pemimpin dapat menggunakan situs web mereka sebagai alat pemasaran. Berikut adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan:

1. Satukan CIO dan CMO.

Sudah waktunya bagi CIO untuk menendang status quo. Secara khusus, mereka harus melihat diri mereka tidak hanya sebagai pemimpin teknologi, tetapi sebagai mitra bisnis yang dapat memberikan kontribusi unik dan vital bagi pertumbuhan. 

Mereka memiliki wewenang untuk mendorong pandangan baru yang lebih efisien dalam pengelolaan data, operasi, dan pelaporan. Semua itu dapat membantu menciptakan kehadiran web yang jauh lebih kuat.

Pada saat yang sama, pada tahun 2022, CMO diharapkan menghabiskan 47% dari anggaran mereka untuk mengikuti kemajuan teknologi digital. Jadi, CIO dan CMO dapat dan harus bertindak dalam kemitraan yang erat, dengan tim yang pertama menyediakan platform pemasaran, pagar pembatas, dan keamanan baru untuk departemen yang terakhir untuk memungkinkan mereka memaksimalkan anggaran mereka. Kemitraan ini adalah dasar dari segala sesuatu yang lain.

2. Perlakukan website Anda seperti produk digital.

Agar situs web dapat menangani seluruh perjalanan pelanggan, mereka harus memberikan konten yang sesuai untuk setiap tahap, dengan desain yang tepat, dan tentu saja, integrasi yang tepat dengan sisa tumpukan pemasaran Anda. Itu berarti Anda perlu kontrol atas semua hal ini. 

Saat ini, terlalu banyak pemasar yang tidak dapat mempublikasikan secara real-time, dan memiliki sedikit atau tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan desain, dan bergantung pada backlog orang lain untuk membuat perubahan fungsional yang kecil sekalipun.

Perbaiki itu dengan terlebih dahulu menyelaraskan metrik "bintang utara" yang jelas yang terhubung dengan strategi pertumbuhan Anda — biasanya sesuatu seputar keterlibatan atau konversi — dan dapatkan otoritas atas pengalaman pelanggan dan teknologi di baliknya untuk menggerakkan jarum pada angka-angka itu. Ini mungkin melibatkan sejumlah perbaikan, tetapi jangan menyebutnya sebagai "peluncuran ulang." Mendapatkan siaran langsung adalah awal dari perjalanan Anda.

Setelah Anda bangun dan berlari, kesenangan sesungguhnya dimulai. Memperbarui konten Anda secara teratur, bereksperimen dengan desain dan alur baru, mengukur hasil Anda, dan berkoordinasi dengan semua aktivitas lain di sepanjang perjalanan pelanggan, mulai dari kampanye iklan hingga dukungan pelanggan. Itulah artinya memperlakukan situs web Anda seperti produk digital.

3. Jangan tidur di media sosial.

Desain ulang situs web Anda dapat berjalan dengan mudah — dan tidak masalah jika tidak cukup banyak orang yang mengunjunginya. Menggunakan situs web Anda sebagai alat pemasaran perlu memanfaatkan kekuatan jejaring sosial lebih dari segala bentuk periklanan lainnya. Ini adalah cara untuk menarik pelanggan potensial baru.

Setiap orang di Facebook dapat menyebarkan berita tentang situs web Anda ke sekitar 338 teman — jumlah rata-rata yang terhubung dengan pengguna Facebook. Itu adalah karunia pelanggan baru yang potensial, jadi pastikan untuk mempromosikan bisnis Anda di jaringan ini dan lakukan dengan cukup sering. Pola umum untuk melakukan ini dengan konten disebut POSSE (Publish on Own Site, Syndicate Elsewhere) yang mengotomatiskan proses mendorong konten ke berbagai saluran sosial. 

Demikian juga, memperhatikan dengan cermat sumber sosial dalam penyiapan analisis web Anda akan membantu Anda melacak bagaimana investasi Anda dalam meningkatkan jangkauan membuahkan hasil.

Dengan menyelaraskan fokus TI dan pemasaran dalam organisasi Anda, semua orang menekankan konten yang segar dan menarik, dan mempromosikan dengan kuat di jejaring sosial, Anda dapat berhasil meningkatkan keterlibatan situs web dan menggunakan situs web Anda sebagai alat pemasaran. Tapi mulailah sekarang sebelum pesaing Anda mengalahkan Anda.
Post a Comment

Post a Comment

close