cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Cara Efektif Mencegah Peretasan Smartphone dan Menghapus Penyusup Dari Perangkat Anda

Ini adalah target peretas, tetapi Anda masih dapat melindungi ponsel cerdas Anda dengan tips dan trik yang akan kami bagikan.

Tidak ada yang luput dari serangan hacker - terutama jika Anda menggunakan smartphone. Bahkan jika Anda sudah sangat berhati-hati untuk tidak mengunduh aplikasi yang tidak sah atau mengambil langkah ekstra untuk menginstal beberapa perangkat lunak privasi atau keamanan seperti VPN.

Tak perlu dikatakan bahwa pelanggaran data bisa sangat berbahaya - jika Anda memikirkan skandal Pegasus, misalnya. Penjahat dunia maya dapat merekam panggilan atau obrolan Anda, menunjukkan lokasi Anda dan bahkan mengaktifkan mikrofon dan kamera Anda.

Dengan alat spyware yang berkembang biak di antara rezim otoritatif serta warga biasa, seringkali pengetahuan IT yang hebat bahkan tidak diperlukan untuk melakukannya. 

Sangat penting untuk menjaga kebersihan digital seluler Anda dan mengetahui cara mengamankan pertahanan ponsel cerdas Anda dari potensi peretasan, atau apa yang harus dilakukan jika ada tanda-tanda bahwa ponsel Anda telah diretas.

Cara Efektif Menghentikan dan Mencegah Hacker dari Data Seluler Anda

Dalam artikel ini, kami akan membahas keduanya: apa yang harus Anda lakukan untuk menghentikan dan mencegah penyusup mengakses data seluler Anda, dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil jika terjadi peretasan.

Taktik umum yang digunakan oleh peretas telepon:

  • Phishing: Taktik ini melibatkan pengiriman tautan berbahaya dan/atau lampiran berbahaya ke target melalui teks dan email. Setelah korban mengkliknya, telepon terinfeksi malware untuk mengambil data Anda.
  • Aplikasi pelacakan: Peretas dapat menggunakan perangkat lunak spyware untuk mengumpulkan data. Banyak dari aplikasi ini bahkan cukup sederhana untuk dipasang dan digunakan. Semua orang berpotensi memata-matai ponsel Anda dengan mudah. Hal yang mereka butuhkan hanyalah aplikasi sederhana.
  • Menyusup Wi-Fi publik dan Bluetooth: Setiap kali Anda terhubung ke Wi-Fi publik, data pribadi Anda dapat diekspos. Itu sebabnya kami menyarankan Anda menggunakan salah satu layanan VPN seluler terbaik saat menghubungkan ke nirkabel terbuka. Demikian pula, peretas dapat menerobos koneksi Bluetooth.
  • Sim swap: Taktik ini memungkinkan pelaku kejahatan untuk mentransfer nomor telepon Anda ke kartu SIM mereka sendiri dan mengambil alih akun Anda.

Bagaimana mencegah ponsel Anda diretas

Ini adalah beberapa tindakan yang harus Anda ambil untuk tetap menjaga kebersihan digital Anda dan melindungi data seluler Anda dari pelaku kejahatan.

1. Ikuti terus pembaruan perangkat lunak

Langkah pertama untuk mengamankan ponsel Anda dari pengintai adalah mempersulit pekerjaan mereka. Peretas sering mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak untuk menyusup ke data Anda.

Jadi, meskipun proses pembaruan bisa lama dan memakan memori Anda, pastikan untuk selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru untuk mengurangi risiko.

2. Kelola izin aplikasi Anda

Bahkan ketika aplikasi Anda terlihat aman, mereka mungkin masih mengumpulkan banyak data sensitif Anda. Mereka dapat melacak lokasi Anda, mengakses mikrofon atau kamera Anda. Terkadang pembaruan baru juga dapat membuatnya lebih mengganggu.

Sebagai aturan praktis, izinkan aplikasi baru apa pun hanya mengakses informasi yang diperlukan. Misalnya, jika Anda senang Google Maps melacak perjalanan Anda ke kantor, hal yang sama tidak berlaku untuk Spotify Anda. Anda juga harus meluangkan waktu untuk meninjau semua pengaturan aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda.

3. Gunakan perangkat lunak antivirus seluler

Sementara kebijaksanaan yang diterima adalah bahwa pengguna iPhone tidak memerlukan antivirus untuk tetap aman dari malware dan virus, tidak sama bagi mereka yang menggunakan ponsel yang beroperasi melalui sistem Android.

Salah satu aplikasi antivirus Android terbaik akan menjalankan pemindaian otomatis untuk malware, menghapus segala ancaman yang mereka temukan. Mereka juga akan secara aktif membantu mencegah Anda mengklik halaman web berbahaya serta membuka atau mengunduh file yang terinfeksi.

4. Gunakan VPN saat mengakses Wi-Fi publik

Taktik umum peretas adalah menyusup ke perangkat Anda melalui Wi-Fi publik. Untuk alasan ini, kami menyarankan Anda untuk selalu menggunakan VPN iPhone atau aplikasi VPN Android saat menghubungkan ke nirkabel terbuka.

Layanan ini menyembunyikan alamat IP dan lokasi Anda, sambil mengamankan data Anda melalui terowongan terenkripsi (untuk mengetahui lebih lanjut, periksa panduan lengkap kami tentang apa itu VPN).

Di antara VPN favorit dan populer adalah ExpressVPN, NordVPN, dan Surfshark. Yang semuanya memiliki aplikasi seluler yang mudah digunakan. Plus, Anda dapat menggunakan langganan Anda untuk melindungi semua perangkat Anda - dari ponsel Anda, ke laptop, router, dan perangkat streaming TV Anda. Perlu dicatat bahwa Surfshark tidak memiliki batasan koneksi yang dapat Anda gunakan sekaligus, sementara Express mengizinkan lima dan Nord enam.

5. Hindari fitur masuk otomatis

Meskipun dapat menghemat banyak waktu, tetap masuk ke aplikasi sensitif - seperti perbankan online atau email Anda, misalnya - bisa berbahaya jika penjahat dunia maya berhasil meretas ponsel Anda. Idealnya, Anda harus selalu menghindari login otomatis untuk setiap aplikasi yang berjalan di perangkat Anda.

Untuk alasan yang sama, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk setiap aplikasi. Anda mungkin juga ingin menginstal perangkat lunak manajemen kata sandi untuk membantu Anda lebih mengamankannya.

6. Mempersulit akses fisik ke ponsel Anda

Tidak semua pelanggaran data terjadi di dunia digital. Tentu saja hal ini jarang terjadi, tetapi terkadang penyusup mungkin hanya mendapatkan akses fisik ke ponsel cerdas Anda dan mencuri informasi Anda.

Menyatakan yang sudah jelas, tetapi Anda tidak boleh meninggalkan ponsel Anda tanpa pengawasan di tempat umum. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk selalu mengatur kode sandi enam digit untuk mengakses perangkat. Ini adalah opsi paling aman yang Anda miliki karena sidik jari dan biometrik wajah sebenarnya lebih mudah diretas.

7. Aktifkan opsi 'Temukan perangkat saya'

Tidak mengikuti panduan di 6 di atas? Nah jika Anda kehilangan ponsel Anda, sangat penting untuk dapat memindahkannya dan menghapus informasi apa pun yang dapat dikompromikan. Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukannya dari komputer Anda dengan mudah.

Baik Apple dan Google menjalankan layanan 'Temukan perangkat saya' yang memungkinkan Anda menemukan ponsel Anda di peta serta mengunci atau menghapus data sensitif dari jarak jauh. Buka pengaturan ponsel cerdas Anda dan aktifkan fitur tersebut.

8. Nonaktifkan asisten suara di layar kunci

Google Assistant adalah alat yang berguna yang memungkinkan Anda menghemat waktu mengetik, tetapi keduanya bisa menjadi pedang bermata dua. Jika penjahat dunia maya berhasil mengakses telepon Anda secara fisik, ia mungkin menggunakan layanan ini untuk melewati perlindungan kode sandi Anda dan menyusup ke kontak, obrolan, email, dan panggilan Anda.

Untuk menjaga keamanan data seluler Anda, kami menyarankan Anda untuk selalu menonaktifkan opsi asisten suara di layar kunci.

9. Waspadalah terhadap stasiun pengisian umum

Meskipun sangat berguna untuk keadaan darurat ketika tingkat baterai Anda turun hingga beberapa persen terakhir, stasiun pengisian umum juga merupakan sasaran empuk bagi peretas. Penjahat dunia maya dapat mengakses data ponsel Anda atau memperkenalkan malware di perangkat Anda melalui drive USB, para ahli memperingatkan.

Itu sebabnya Anda harus menggunakan port pengisian daya AC jika memungkinkan. Faktanya, outlet AC hanya mengirimkan daya daripada data. Bahkan ada adaptor dan pemblokir data yang hanya dapat diisi daya yang dapat Anda gunakan.

Kredit gambar: ozrimoz / Shutterstock

Apa yang harus dilakukan jika Smartphone Anda telah diretas

Jika Anda telah membaca artikel kami tentang tanda-tanda bahwa ponsel Anda telah diretas dan berpikir Anda mungkin menjadi korban, jangan panik. Ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengalahkan peretas dan membebaskan ponsel cerdas Anda dari bahaya.

1. Jalankan perangkat lunak antivirus

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penghapusan malware dan perangkat lunak antivirus sangat cocok untuk menghilangkan ancaman yang berjalan di perangkat Anda. Setelah Anda menginstalnya, tetap aktif di latar belakang untuk menghindari situasi serupa di masa mendatang. Antivirus yang bagus bahkan tidak membutuhkan biaya banyak akhir-akhir ini, dan nilai terbaik berasal dari rangkaian keamanan internet lengkap yang melindungi seluruh jajaran perangkat Anda.

2. Amankan informasi kartu kredit Anda

Periksa transaksi Anda dan laporkan ke bank Anda jika Anda menemukan kejanggalan. Blokir kartu Anda, jika perlu. Anda mungkin juga ingin menghubungi semua bisnis e-niaga yang menyimpan informasi kartu kredit atau rekening bank Anda di aplikasi ponsel Anda.

3. Hapus aplikasi yang tidak dapat dipercaya

Jika peretas masuk ke dalam ponsel Anda, kemungkinan mereka melakukannya melalui aplikasi jahat yang berjalan di latar belakang. Itulah mengapa Anda harus meninjau semua aplikasi yang diinstal dan menghapus semua yang tampak mencurigakan - hanya perlu beberapa menit.

4. Setel ulang perangkat Anda

Mungkin ada baiknya menyetel ulang perangkat ponsel Anda sepenuhnya dan menghapus semua data, aplikasi jahat, dan/atau malware darinya. Setelah mencadangkan informasi penting Anda di laptop atau penyimpanan cloud Anda, buka pengaturan dan lakukan reset pabrik.

Ya, ini adalah ketidaknyamanan besar dan berarti Anda harus menginstal ulang aplikasi favorit Anda dan mendapatkan pengaturan Anda seperti yang Anda suka lagi, tetapi merupakan pilihan terakhir Anda jika Anda tidak dapat menghapus hal-hal buruk dari perangkat Anda.

5. Ubah semua kata sandi Anda

Jika penjahat dunia maya mendapatkan akses ke perangkat Anda, kata sandi Anda kemungkinan besar telah dibocorkan. Itulah mengapa Anda harus mengubah semua kredensial login Anda untuk memastikan akun Anda terlindungi dari pelanggaran data apa pun. Itu banyak sekali kata sandi baru yang perlu diingat, tetapi penting untuk mengurangi risiko Anda diretas lagi.

6. Laporkan ke pihak berwenang

Jika Anda menyadari bahwa Anda telah menjadi korban pencurian identitas dan/atau Anda takut akan keselamatan Anda, Anda harus melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang yang bertanggung jawab untuk menyelidiki kejahatan digital di negara Anda.

Jika Anda tinggal di AS, Komisi Perdagangan Federal adalah tujuan Anda. Sementara mereka di Inggris Jika Anda tinggal di Inggris harus menghubungi Action Fraud, penipuan nasional dan pusat pelaporan kejahatan internet.

Sumber: www.dailyadvent.com/
Post a Comment

Post a Comment

close