cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Bagaimana Cara Menempatkan Router Wi-Fi di Belakang Kotaknya?

Saat ini, internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Berkat internet, Anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien dengan lawan bicara Anda di luar negeri. 

Untuk mengakses internet, Anda perlu menggunakan peralatan khusus seperti kotak. Yang terakhir menggunakan saluran telepon, serat optik, kabel atau satelit untuk memberi Anda akses ke Internet.

Ini kemudian menyiarkan sinyal yang diperoleh di Wi-Fi yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat komputer Anda. Namun, kekuatan sinyal Wi-Fi yang berasal dari kotak terkadang terlalu lemah untuk memenuhi harapan Anda. Terlebih lagi, opsi pengaturan jaringan terbatas. Inilah mengapa menarik untuk menempatkan router Wi-Fi di belakang kotaknya untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

Secara singkat, router adalah perangkat yang memungkinkan Anda mendistribusikan sinyal internet yang dipancarkan oleh kotak Anda secara optimal ke semua perangkat yang terhubung. 

Pada artikel ini, akan dijelaskan kepada Anda cara mengatur router di belakang kotak dan beberapa tips untuk membantu Anda mengoptimalkan koneksi internet di rumah.

Bagaimana cara mengatur router di belakang kotak?

Anda memang akan memiliki beberapa keuntungan untuk menginstal router di belakang kotak Anda. Perangkat ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas sinyal Wi-Fi Anda secara signifikan. 

Namun, untuk memanfaatkan semua keunggulan router, Anda harus tahu cara mengaturnya. Secara umum, ada dua cara untuk menempatkannya dengan baik.

1. Metode untuk pemula

Ada metode yang sangat mudah untuk menghubungkan router Anda ke kotak Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus mengalihkan kotak Anda ke mode modem melalui pengaturan dengan mengaktifkan opsi "Tautan dengan jembatan". Anda kemudian hanya perlu menghubungkan router Anda melalui Ethernet di belakang kotak menggunakan kabel tipe RJ45.

Pada titik ini, router harus dapat mengirimkan sinyal melalui Wi-Fi ke semua perangkat Anda yang terhubung. Namun, Anda harus ingat bahwa metode ini cukup terbatas. Memang, dengan menghubungkan router Anda dengan cara ini, Anda tidak akan lagi memiliki akses ke jaringan dasar kotak Anda. Anda juga tidak akan dapat mengelola pengaturan administrasi kotak internet Anda.

2. Metode yang lebih kompleks

Seperti namanya, metode ini harus dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengalaman di bidang jaringan. Dengan proses ini, Anda dapat menggunakan router kotak Anda dan menambahkan titik akses tambahan lainnya. Untuk memulai, Anda harus menggunakan router merek terkenal seperti Asus, Netlink atau Dlink misalnya.

Anda perlu memastikan bahwa router yang dipilih memiliki fitur yang ingin Anda gunakan. Anda kemudian harus menonaktifkan Wi-Fi dan DHCP pada kotak. Kemudian sambungkan router dengan kabel RJ45 sambil berhati-hati untuk mengkonfigurasinya dengan benar. 

Anda harus memilih alamat IP yang kompatibel dengan IP kotak internet Anda. Anda juga perlu mengonfigurasi jaringan LAN sehingga Anda dapat menghubungkan perangkat yang terhubung ke router Anda.

Bagaimana cara menginstal router Anda untuk mengoptimalkan koneksi?

Untuk mendapatkan keuntungan dari kecepatan koneksi yang baik, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Pertama, disarankan untuk menghubungkan semua perangkat Anda melalui kabel Ethernet ke router jika memungkinkan. Jika ini tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan Wi-Fi router Anda, mendukung frekuensi 5 GHz.

Untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan menggunakan router Wi-Fi, kami menyarankan Anda untuk menghubungkan perangkat TI Anda ke router dan bukan ke kotaknya. Jika tidak, Anda tidak akan tertarik menggunakan router. Jika Anda ingin menghubungkan perangkat Anda melalui Wi-Fi, pertimbangkan untuk menonaktifkan Wi-Fi Box untuk menghindari gangguan apa pun.

Di mana penempatan router agar memiliki koneksi yang lebih baik?

Penempatan router Anda mungkin berdampak pada kualitas koneksi internet Anda. Untuk mendapatkan sinyal yang optimal dan lebih kuat di rumah Anda, berikut ini tipsnya:
  • Disarankan untuk meletakkan router Anda di area sentral dan bersih di rumah Anda. 
  • Hindari menempatkannya di belakang furnitur atau di dekat perangkat elektromagnetik lain seperti oven microwave, televisi, perangkat Bluetooth, dll.
  • Disarankan untuk memasangnya pada ketinggian sekitar 1,50 m dari permukaan tanah agar sinyal internet dapat merambat secara optimal di rumah Anda. 
  • Juga ingat untuk menjauhkannya dari dinding beton atau bata, karena ini mencegah gelombang (terutama jika frekuensinya 5 GHz) agar tidak bersirkulasi dengan baik di interior Anda. 
  • Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan repeater WLAN untuk memperluas jangkauan sinyal.
Demikianlah uraian singkat namun sangat penting untuk diperhatikan, agar penempatan router WIFI lebih maksimal dan menghasilkan koneksi internet yang lebih optimal..
Post a Comment

Post a Comment

close