Penyebab Baterai Ponsel Membengkak, Solusi dan Cara Pencegahannya

Daftar Isi
Sering muncul pertanyaan, mengapa baterai ponsel kita membengkak, bagaimana cara menghindarinya dan apa yang harus dilakukan?

Salah satu komponen ponsel cerdas Anda yang paling menurun adalah baterai, karena tidak hanya mengurangi kinerjanya dari waktu ke waktu, tetapi juga komponennya yang semakin aus.

Mengapa baterai ponsel membengkak?

Penyebab utama pembengkakan baterai seluler adalah kerusakan fisik, cacat manufaktur dan durasi penggunaan, yang umumnya paling umum.

Baterai lithium-ion yang membekali smartphone menggunakan reaksi kimia untuk menyimpan energik. Seiring bertambahnya usia baterai, reaksi kimia yang terkandung didalamnya juga berubah, yang dapat menciptakan gas yang sangat mudah terbakar. Hal inilah yang membuat baterai mengembang atau membengkak.

Selain itu, jika lapisan kimia baterainya sudah tidak sesuai, seperti yang terjadi di Samsung Galaxy Note 7, atau kebakaran yang sama.

Bagaimana cara mencegah baterai ponsel membengkak?

Untuk mencegah baterai ponsel Anda membengkak, gunakan hanya pengisi daya bersertifikat berkualitas tinggi

Ada pepatah mengatakan: "Pencegahan lebih baik daripada mengobati" dan untungnya, Anda memiliki serangkaian panduan untuk mencegah baterai dari ponsel Anda membengkak.

Dengan asumsi bahwa baterai harus diganti pada suatu titik, jika Anda mengikuti rekomendasi di bawah ini Anda dapat memperpanjang umur baterai dan mencegahnya membengkak.

Berikut ini tips nya:
  1. Penggunaan hanya pengisi daya bersertifikasi dan berkualitas tinggi. Pengisi daya murah mungkin tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh produsen seluler atau tidak dapat memberikan energi yang cukup ke perangkat.
  2. Hindari meletakkan ponsel pada tempat yang ekstrim panas. Karena itu dapat merusak baterai terminal Anda.
  3. Pastikan ponsel Anda tidak menerima banyak pukulan atau benturan.
  4. Jangan biarkan baterai dibebankan 100% atau benar-benar habis untuk periode yang lama, karena ini dapat merusaknya. Jadi, jika Anda tidak ingin menggunakan ponsel Anda selama beberapa minggu ke depan, kami sarankan untuk mengisi baterai Anda hingga 40 atau 50% dan kemudian matikan.

Cara memeriksa status baterai ponsel Android Anda

Apa yang harus dilakukan ketika baterai seluler membengkak?

Jika baterai seluler Anda membengkak, apa yang perlu Anda lakukan. Sejak awal, segera matikan unit ponsel dan pergi ke pusat perbaikan untuk mengganti baterai yang rusak.

Jika Anda memutuskan untuk menggantinya sendiri, Anda harus melakukannya. Di luar atau di lokasi yang berventilasi baik dari bahan yang mudah terbakar dan melindungi dengan sarung tangan dan kacamata keselamatan untuk menghindari bahan bakar bersentuhan dengan tubuh Anda.

Setelah baterai dilepas, Anda harus meletakkannya dalam wadah yang jauh dari api dan membawanya ke pusat daur ulang material berbahaya terdekat dengan Anda.

Posting Komentar