cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Video & Lirik Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Maknanya

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur: Lirik, Makna, Keutamaan - Cahaya, kehormatan, dan keberkahan dalam sholawat yang memuliakan Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur: Lirik, Makna dan Keutamaan

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur adalah salah satu sholawat yang populer di kalangan pecinta sholawat. Sholawat ini mengandung pujian dan pengagungan kepada Nabi Muhammad SAW., yang diciptakan oleh Allah SWT. dari cahaya. Sholawat ini juga mengisahkan tentang peristiwa Isra Mi'raj, di mana Nabi Muhammad SAW. naik ke langit dan menjadi imam bagi para malaikat di Baitul Ma'mur.

Lirik Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur memiliki lirik yang pendek dan mudah dihafal. Berikut ini adalah lirik sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur dalam teks Arab, latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Video Sholawat Robbi Kholaq Thoha Minnur by Gus Azmi

Teks Arab Robbi Kholaq Thoha Min Nur

رَبِّي خَــــلَقْ طٰه مِنْ نُورْ فِيهْ إِحْتِرَامْ فِيــهْ إِحْتِرَامْ

نَـادَاهُ أَقْبِـلْ يَامُـخْتَــارْ ، أَنْتَ اْلأَمِينْ أَنْتَ اْلأَمِينْ

لَمَّـاارْتَقَى الْـبَيْتَ الْمعْمُـورْ صَلّى إِمَــامْ صَـــلّى إِمَــامْ

وَقَــــدْ دَنَا مِنْ رَبِّهِ الْباهي الْجلِـيْــل الْباهي الْجليــل

إِن رُمت أن تحظى بالحور يوم الزحام يوم الزحام

صل علـى باهي الأنـــوار  عين اليقين عين اليقـين

Teks Latin Robbi Kholaq Thoha Min Nur

Robbi kholaq thoha min nuuri, fiihikh tiroomi fiihikh tiroomi

Naadaahu aqbil yaa mukhtar antal amiin antal amiin

Lammar taqolbaital ma’muur sholla imaama sholla imaam

Waqod danaa min robbihil baahil jaliil al-baahil jaliil

Inna rumta antahdhzo bil huuri yaumaz zahaam yaumaz zahaam

Sholli 'ala baahil anwaari 'ainil yaqiini 'ainil yaqiin

Terjemahan Robbi Kholaq Thoha Min Nur

Tuhan menciptakan Thoha (Muhammad SAW.) dari cahaya, di dalamnya ada penghormatan di dalamnya ada penghormatan

Dia memanggilnya datanglah wahai pilihan, engkau orang yang amanah engkau orang yang amanah

Ketika naik ke Baitul Ma'mur dia shalat sebagai imam dia shalat sebagai imam

Dan telah mendekat dari Tuhannya yang indah dan mulia yang indah dan mulia

Jika engkau ingin mendapatkan bidadari pada hari keramaian pada hari keramaian

Shalatlah atas yang indah cahayanya mata hati yang yakin mata hati yang yakin

Baik, berikut ini adalah lanjutan dari artikel yang saya buat sebelumnya.

Makna Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur memiliki makna yang sangat dalam dan mengagungkan Nabi Muhammad SAW. sebagai manusia pilihan Allah SWT. yang memiliki kedudukan istimewa di sisi-Nya. Berikut ini adalah beberapa makna dari sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur.

- Robbi kholaq thoha min nuuri, fiihikh tiroomi: 

Tuhan menciptakan Thoha (Muhammad SAW.) dari cahaya, di dalamnya ada penghormatan. Kalimat ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. dari cahaya-Nya, sebelum ada langit, bumi, malaikat, jin dan manusia. 

Cahaya ini adalah cahaya yang paling mulia dan paling bersih, yang mencerminkan keindahan dan kemuliaan Allah SWT. Di dalam cahaya ini juga ada penghormatan, yaitu rasa hormat dan takut kepada Allah SWT., serta rasa hormat dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

- Naadaahu aqbil yaa mukhtar antal amiin: 

Dia memanggilnya datanglah wahai pilihan, engkau orang yang amanah. Kalimat ini mengisahkan tentang peristiwa Isra Mi'raj, di mana Nabi Muhammad SAW. naik ke langit dengan bantuan malaikat Jibril AS. untuk bertemu dengan Allah SWT. Di sana, Allah SWT. memanggil Nabi Muhammad SAW. dengan sebutan "yaa mukhtar", yaitu "wahai pilihan". 

Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah manusia pilihan Allah SWT., yang dipilih untuk menjadi utusan-Nya dan membawa risalah-Nya kepada seluruh umat manusia. 

Allah SWT. juga menyebut Nabi Muhammad SAW. dengan sebutan "antal amiin", yaitu "engkau orang yang amanah". 

Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah orang yang dapat dipercaya, baik oleh Allah SWT., malaikat, maupun manusia. Dia adalah orang yang menjaga amanah Allah SWT., yaitu menyampaikan wahyu-Nya dengan benar dan jujur.

- Lammar taqolbaital ma’muur sholla imaama: 

Ketika naik ke Baitul Ma'mur dia shalat sebagai imam. Kalimat ini juga mengisahkan tentang peristiwa Isra Mi'raj, di mana Nabi Muhammad SAW. naik ke langit ketujuh dan melihat Baitul Ma'mur, yaitu rumah ibadah para malaikat di langit. 

Di sana, Nabi Muhammad SAW. shalat sebagai imam bagi 70 ribu malaikat yang bergantian masuk ke Baitul Ma'mur setiap hari. Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT., bahkan lebih tinggi dari para malaikat.

- Waqod danaa min robbihil baahil jaliil: 

Dan telah mendekat dari Tuhannya yang indah dan mulia. Kalimat ini juga mengisahkan tentang peristiwa Isra Mi'raj, di mana Nabi Muhammad SAW. mendekati Sidratul Muntaha, yaitu pohon terakhir di langit ketujuh yang merupakan batas antara makhluk dan Khalik. 

Di sana, Nabi Muhammad SAW. mendapatkan penglihatan dan pembicaraan langsung dengan Allah SWT., tanpa perantara malaikat Jibril AS. Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah manusia yang paling dekat dengan Allah SWT., bahkan lebih dekat dari para malaikat.

- Inna rumta antahdhzo bil huuri yaumaz zahaam: 

Jika engkau ingin mendapatkan bidadari pada hari keramaian. Kalimat ini merupakan nasihat bagi para pengikut Nabi Muhammad SAW., agar mereka bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT., agar mereka dapat mendapatkan surga dan bidadari sebagai balasan dari Allah SWT. Hari keramaian adalah hari kiamat, di mana semua makhluk akan dikumpulkan dan dihisab oleh Allah SWT.

- Sholli 'ala baahil anwaari 'ainil yaqiini: 

Shalatlah atas yang indah cahayanya mata hati yang yakin. Kalimat ini merupakan ajakan bagi para pengikut Nabi Muhammad SAW., agar mereka selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW., yang merupakan sumber cahaya dan kebenaran. 

Dengan bersholawat, mereka akan mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT., syafaat dan cinta dari Nabi Muhammad SAW., serta keberkahan dan kemudahan dalam segala urusan dunia dan akhirat.

Keutamaan Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur

Sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi orang yang membacanya. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan manfaat dari sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur.

- Mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT., karena telah memuji dan mengagungkan Nabi Muhammad SAW., yang merupakan utusan dan kekasih-Nya.

- Mendapatkan syafaat dan cinta dari Nabi Muhammad SAW., karena telah mengikuti sunnahnya dalam bersholawat kepada-Nya.

- Mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam segala urusan dunia dan akhirat, karena telah mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW.

- Mendapatkan keindahan dan kemuliaan wajah, karena telah membaca sholawat yang mengandung cahaya Nabi Muhammad SAW.

- Mendapatkan bidadari di surga, karena telah berharap dan berusaha untuk meraihnya dengan cara yang halal.

Demikianlah postingan singkat tentang lirik sholawat Robbi Kholaq Thoha Min Nur yang dilengkapi dengan video, teks Arab, latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat meningkatkan kecintaan Anda kepada Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW. Aamiin.

Post a Comment

Post a Comment

close