cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Ukuran Video Short Youtube dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Ukuran video short youtube sebenarnya juga menjadi salah satu syarat untuk membuat video short youtube tersebut, karena ukuran sangat berpengaruh. Ada beberapa jenis ukuran yang bisa masuk dalam kriteria pembuatan videonya, terutama saat video tersebut akan diupload pada aplikasi.

Jika Anda ingin mengetahui ukuran video short youtube, maka Anda harus mengetahui lebih dulu bagaimana cara membuat dan prosesnya.

Cara Membuat Video Short Youtube dengan Benar

Cara membuat video dengan ukuran video short youtube sudah ditentukan, dapat dilakukan dengan cara praktis dan benar melalui beberapa tahap. Yaitu dengan cara:

1. Download dan Install Aplikasi

Pertama kali adalah download terlebih dulu aplikasi short youtube, lalu install pada media yang sudah Anda siapkan. Aplikasi tersebut mudah didapatkan pada playstore ataupun appstore.

2. Pilih Menu Untuk Video Shorts

Selanjutnya setelah mendapatkan aplikasinya, langsung Anda jalankan proses pembuatan video. Dimulai dari pilih menu pada aplikasi khusus untuk video shorts. Anda bisa mengklik menu add content, lalu pilih opsi untuk membuat video short.

3. Rekam Video dan Tambahkan Video Baru

Setelah mengklik untuk membuat konten video baru, maka mulailah merekam video yang ingin Anda buat. Kalau video sudah direkam secara terpisah sendiri, maka Anda bisa mengambil dari galeri. Perhatikan dan ingat lagi mengenai ukuran video short youtube dan durasi yang disyaratkan. 

4. Editing dan Upload Video

Setelah video berhasil dibuat dengan cara merekam atau mengambil dari video yang sudah ada, maka sebelum dimasukkan pada aplikasi youtube video ada baiknya di edit terlebih dulu. Meminimalisir kesalahan yang terjadi saat membuat videonya. Editing bisa dilakukan secara khusus menggunakan aplikasi tertentu.

Jika sudah selesai pengeditan, maka video sudah bisa Anda upload sendiri. Dengan begitu, video sudah berhasil masuk pada aplikasi video short tersebut untuk disebarkan.

5. Cek Video di Akun Sendiri

Untuk membuktikan hasil kerja Anda, coba Anda periksa sendiri secara langsung video tersebut pada akun sendiri. Atau bisa juga Anda lihat langsung melalui akun orang lain, seperti menonton video orang lain.

6. Ukuran Resolusi Video Short Youtube

Pada saat Anda mengetahui cara membuat video short youtube, akan dijelaskan juga secara tidak langsung jenis ukuran video short youtube yang diperbolehkan. Adapun beberapa fakta mengenai ukurannya adalah:

Durasi Pembuatan

Dengan ukuran yang sudah sempat disinggung, durasi 15 sampai 60 detik. Maka durasi video tidak boleh dari itu pastinya. Karena, biasanya akan ditolak oleh aplikasi jika melebihi durasi katakan masuk pada kategori video biasa dan bukan video short. Alasannya aplikasi ini memang bertujuan untuk membuat bervariasi video yang hanya berdurasi maksimal 1 menit tadi.

Resolusi Video Short

Selain durasi, untuk resolusi video short juga terdapat beberapa pilihan. Diantaranya adalah dengan menggunakan rasio vertikal 9:16, dengan minimal resolusi 600 x 600 sedangkan maksimalnya bervariasi tergantung bentuk videonya.

Rekomendasi Ukuran

Jika resolusi sudah diketahui, maka ada juga rekomendasi ukuran untuk video yang akan dibuat ataupun diupload nantinya. Rekomendasi resolusinya mulai dari 720 lebar x 1280 tinggi, atau bisa juga 1080 lebar x 1920 tinggi. Dengan begitu, ukuran video tidak melebihi batas maksimal dan resolusinya bisa membuat video terlihat jernih.

Sudah jelas bukan, bagaimana cara membuat video YouTube short lengkap dengan ukuran video short youtube itu sendiri. Jika sudah paham dan mengerti, tentunya akan mepermudah Anda untuk memulai berkarya sesuai dengan ketentuan.

Post a Comment

Post a Comment

close