cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

5 Cara Memperbaiki Port Charger HP Longgar, Bisa Kamu Coba di Rumah

Port charger telepon yang longgar adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang. Namun, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri di rumah. Port pengisi daya adalah salah satu bagian penting dari ponsel untuk mengisi daya baterai. Jika baterai tidak dapat diisi, Anda tidak dapat menggunakan ponsel karena akan kehabisan daya.

Salah satu penyebab port charger kendor adalah karena ponsel sering digunakan sehingga cepat panas dan baterai cepat habis sehingga pengisian daya terus menerus. Pengisian terus menerus ini secara bertahap dapat menyebabkan port pengisi daya longgar.

Berikut lima cara memperbaiki port charger ponsel yang kendor beserta langkah-langkahnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Bersihkan port pengisi daya

Salah satu penyebab port charger kendor atau tidak pas adalah karena penumpukan kotoran. Untuk mengatasinya, bersihkan kotoran dan kotoran yang masuk ke dalam port.

Anda bisa menggunakan cotton bud dan jarum atau tusuk gigi untuk membersihkannya. Pertama, gosok bagian yang kotor dengan jarum, lalu bersihkan debu dengan cotton bud.

Sesuaikan arah konektor

Setelah dibersihkan, Anda dapat mencoba menyesuaikan arah konektor. Ini sangat penting jika Anda menggunakan pengisi daya yang tidak asli, karena dapat merusak konektor pada ponsel Anda.

Anda dapat meluruskan konektor charger dengan menggunakan jarum kecil atau mengubah arah konektor pada ponsel.

Ganti pengisi daya

Menurut situs web Carlcare, cara lain untuk memperbaiki port charger ponsel yang kendor adalah dengan menggunakan charger yang berbeda. Jika pengisi daya lain dapat mengisi daya ponsel Anda, masalahnya mungkin ada pada pengisi daya yang Anda gunakan.

Coba sumber daya yang berbeda

Jika Anda telah membersihkan port pengisi daya, menyesuaikan arah konektor, dan mengganti pengisi daya, tetapi ponsel Anda tetap tidak dapat mengisi daya, coba gunakan sumber daya lain.

Jika sumber daya lain dapat mengisi daya ponsel Anda, masalahnya mungkin ada pada sumber daya yang biasa Anda gunakan.

Periksa dengan laptop

Anda juga dapat memeriksa apakah baterai ponsel Anda dapat diisi dengan pengisi daya yang terhubung ke laptop, seperti yang disarankan oleh blog Starlanguage. Jika tidak kompatibel dengan laptop, coba goyangkan kabel hingga tersambung dengan benar.

Jika kabel kendor, gerakkan laptop sedikit. Namun, jika tetap tidak mengisi daya, kabel mungkin rusak.

Ini adalah cara untuk memperbaiki port charger ponsel yang kendor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda!

Post a Comment

Post a Comment

close