cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Pengguna Harian Bing Meningkat Drastis dengan Bantuan ChatGPT

Microsoft baru-baru ini mengumumkan pencapaian terbaru mesin pencari mereka, Bing, yang telah diintegrasikan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT.

Dalam sebuah postingan blog resmi, Yusuf Mehdi, Wakil Presiden Korporat dan Kepala Pemasaran Konsumen di Microsoft, mengungkapkan bahwa Bing berbasis AI telah mencapai 100 juta pengguna aktif harian.

Menurut Mehdi, sepertiga dari pengguna aktif harian ini (sekitar 33 juta) adalah pengguna Bing baru. Mehdi menambahkan bahwa tonggak sejarah ini dicapai hanya satu bulan setelah pengumuman versi Bing baru pada tanggal 7 Februari.

Meskipun versi baru Bing masih kalah jauh dari Google Chrome, yang memiliki 1 miliar pengguna aktif harian, Microsoft melihat pencapaian ini sebagai validasi untuk menawarkan pencarian, jawaban, dan obrolan dalam satu platform. Selain itu, Maher membanggakan bahwa pengguna Bing melakukan lebih banyak pencarian, meskipun ia tidak mengungkapkan angka yang spesifik.

Selain itu, pengguna datang ke Bing untuk mengobrol dengan mesin pencari. Menurut Maher, sekitar sepertiga dari orang menggunakan obrolan Bing setiap hari, dengan rata-rata tiga obrolan per sesi. Bing dilaporkan telah memiliki lebih dari 45 juta obrolan sejak tanggal 7 Februari.

Maher mengatakan ada dua faktor yang mendorong pengguna untuk mencoba dan menggunakan versi Bing yang terintegrasi AI. Salah satunya adalah gerakan agresif Microsoft untuk mendorong pengguna Windows beralih ke Microsoft Edge daripada Google Chrome.

Di masa depan, Mehdi menyatakan bahwa Microsoft berencana untuk terus menggunakan Microsoft Edge untuk mendukung Bing berbasis AI. "Kami berharap kemampuan baru seperti pencarian dan pembuatan Bing di sisi bilah Edge akan mendorong pertumbuhan yang lebih lanjut," kata eksekutif Microsoft tersebut, seperti dikutip dari blog Bing Microsoft pada Senin (17/3/2023).

Faktor lain yang mendorong pertumbuhan Bing adalah peringkat pencarian web inti yang diperbarui. Menurut Mehdi, peringkat pencarian web Bing telah meningkat dalam hal relevansi dan kualitas berkat integrasi model OpenAI Prometheus yang baru.

Secara keseluruhan, integrasi Bing dengan teknologi AI terbukti sukses, dengan 100 juta pengguna aktif harian dalam waktu satu bulan saja. Relevansi dan kualitas Bing juga semakin meningkat, menjadikannya pesaing yang layak di pasar mesin pencari.


Post a Comment

Post a Comment

close