cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Rahasia Cara Islami Menempati Rumah Baru yang Penuh Berkah

Memiliki rumah baru adalah impian bagi banyak orang. Rumah baru tidak hanya menunjukkan prestasi dan kesejahteraan, tetapi juga memberikan kenyamanan dan kebahagiaan bagi penghuninya. Namun, sebelum menempati rumah baru, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebagai umat Islam agar rumah baru kita menjadi tempat yang penuh berkah dan ridha Allah.

Ilustrasi Menempati Rumah Baru yang Penuh Berkah

Berikut ini adalah beberapa cara islami menempati rumah baru yang bisa kita lakukan:

1. Bersyukur kepada Allah

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika mendapatkan rumah baru adalah bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah Dia berikan. Allah berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Ingatlah ketika Tuhanmu mengumumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'" (QS. Ibrahim: 7)

Bersyukur kepada Allah bisa kita lakukan dengan mengucapkan hamdalah, memuji Allah, dan menggunakan nikmat-Nya untuk hal-hal yang bermanfaat dan diridhai-Nya.

2. Mengadakan syukuran rumah baru

Salah satu bentuk bersyukur kepada Allah adalah dengan mengadakan syukuran rumah baru. Syukuran rumah baru adalah acara makan-makan yang diadakan oleh pemilik rumah baru untuk mengundang keluarga, kerabat, tetangga, dan teman-teman. Tujuannya adalah untuk membagi kebahagiaan dan keberkahan dengan orang-orang terdekat.

Syukuran rumah baru juga disebut dengan al-wakirah. Sebagian ulama sangat menganjurkan hal ini, di antaranya Imam Asy-Syafi'i. Beliau mengatakan tentang al-wakirah:

ومنها الوكيرة، ولا أرخص في تركها

"Diantara bentuk walimah adalah al-wakirah. Saya tidak memberi kelonggaran untuk meninggalkannya." (Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, 8/207).

3. Membaca doa-doa ketika masuk rumah baru

Ketika masuk rumah baru, kita dianjurkan untuk membaca doa-doa tertentu agar rumah kita menjadi tempat yang aman, nyaman, dan berkah. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita baca ketika masuk rumah baru:

- Membaca surat Al-Fatihah 3 kali

- Membaca surat Al-Mu'minun ayat 28-29 sebagai berikut:

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِين

"Bila kau dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, 'Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.' Katakanlah, 'Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.'" (QS. Al-Kahfi: 39)

- Membaca doa berikut sebanyak 3 kali:

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانٍ وّ نجّى يونس من بطن الحوت و سيّر الفلك لمن شاء انت العالم بعدد قطر البحار و ذرات الرمال يا خالق اصناف عجائب المخلوقات اسألك الكفاية يا كافي من استكفاه يا مجيب من دعاه يا مقيل من رجاه انت الكافي لا كافي إلا انت اكفني شر ما أخاف و احذر و املا منزلي هذا خيرا و بركة و صل على نبيك و رسولك سيدنا محمد و آله و صحبه و سلم

"Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil ḫût, wa sayyaral fulka li man syâ-a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril biḫâri, wa dzarrâtir rimâl. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muḫammadin wa âlihi wa shaḫbih wa sallim"

Artinya: "Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin 'Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya."

Doa-doa di atas dibaca setiap pagi dan sore selama tiga hari berturut-turut.

4. Menjaga kebersihan dan kerapihan rumah

Cara islami menempati rumah baru selanjutnya adalah menjaga kebersihan dan kerapihan rumah. Kebersihan dan kerapihan adalah sebagian dari iman. Rasulullah SAW bersabda:

الطُّهُورُ شطرُ الإِيمَانِ

"Kebersihan adalah sebagian dari iman." (HR. Muslim)

Dengan menjaga kebersihan dan kerapihan rumah, kita akan mendapatkan keberkahan dan kesehatan. Rumah yang bersih dan rapi juga akan menimbulkan suasana yang nyaman dan tenang bagi penghuninya. Sebaliknya, rumah yang kotor dan berantakan akan menimbulkan penyakit dan gangguan.

5. Menghidupkan rumah dengan dzikir dan tilawah

Cara islami menempati rumah baru yang terakhir adalah menghidupkan rumah dengan dzikir dan tilawah. Dzikir dan tilawah adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Islam untuk dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Dengan dzikir dan tilawah, kita akan mendekatkan diri kepada Allah, memohon perlindungan-Nya, dan mengingat nikmat-Nya.

Dzikir dan tilawah juga akan membuat rumah kita menjadi tempat yang penuh cahaya dan kedamaian. Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah." (HR. Muslim)

Itulah beberapa cara islami menempati rumah baru yang bisa kita lakukan. Semoga dengan cara-cara ini, rumah baru kita menjadi tempat yang penuh berkah, ridha Allah, dan kebahagiaan. Aamiin.

Sumber:
1. konsultasisyariah.com
2. islam.nu.or.id
3. merdeka.com
4. rumah.com
Post a Comment

Post a Comment

close