cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Satu Parfum dengan 1.000 Jenis Aroma, Inovasi Mahasiswa Universitas Indonesia Manfaatkan AI dalam Industri Parfum


Tiga mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE FTUI) yang tergabung dalam Tim Cakrawala berhasil menjuarai L’Oréal Indonesia Brandstorm 2023. Berkat produk inovasi mereka berupa parfum dalam satu kemasan dengan 1.000 jenis aroma sesuai dengan keinginan pengguna.

Langkah mereka selanjutnya adalah mewakili Indonesia di kancah kompetisi internasional di Eropa. Produk inovatif ini merupakan hasil riset kolaborasi antara tiga orang mahasiswa dan didukung penuh oleh dosen pembimbing. 

Mereka memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Personalized Perfumery System (PERFY). Aplikasi ini memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang mampu memberikan rekomendasi parfum atau wewangian sesuai dengan kebutuhan penggunanya kapan pun dan di mana pun.

Tim Cakrawala dan Produk Inovasi Mereka

Tim Cakrawala yang terdiri dari Alvin Filipi, Julieta Hermawan, dan Evelyn Velencia Febita mendapatkan ide inovatif untuk membuat satu aplikasi parfum yang dapat menghasilkan wangi berbeda-beda tergantung pada pilihan pengguna. 

Mereka kemudian mengembangkan PERFY, yaitu sistem yang menggabungkan teknologi digital dan formulasi wewangian fisik untuk menawarkan sistem wewangian yang lebih lengkap kepada pengguna. PERFY memiliki dua keunggulan utama, yaitu dari sisi aplikasi dan perangkat yang ramah untuk difabel.

Aplikasi PERFY memanfaatkan kekuatan generatif AI untuk menawarkan pengalaman wewangian yang unik dan personal melalui Natural Language Processing (NLP) dan Generative AI (GPT-4). 

Pengguna dapat membuka aplikasi, memilih fitur buat parfum pribadi dan menjawab pertanyaan untuk membuat profil aroma dan kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan wewangian parfum sesuai dengan profil pengguna.

Sementara perangkat PERFY adalah perangkat pencampur wewangian yang terhubung ke aplikasi PERFY lewat bluetooth. Perangkat ini memiliki tiga keunggulan utama yaitu dapat menghasilkan 1000 macam aroma, produk bebas animal testing dan ramah lingkungan serta mudah dibawa dengan tombol semprot yang lebar. 

PERFY juga memiliki mode inklusivitas yang mendukung interaktivitas tanpa sentuhan dengan memanfaatkan computer vision dan mode bebas genggam sehingga sangat ramah pengguna.

Produk Inovatif yang Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

Dalam proyek yang dibawa Tim Cakrawala, teknologi menjadi alat utama dan memiliki peranan penting. Kolaborasi teknologi digital dan wewangian fisik dalam produk PERFY sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) 2030. 

Pada SDGs, teknologi menjadi pilar penting untuk membangun masyarakat agar lebih sejahtera. PERFY sendiri berkaitan dengan poin ke-9 SDGs yaitu Industry Innovation and Infrastructure karena memanfaatkan teknologi untuk mendukung perkembangan industri kecantikan global.

Dukungan Penuh dari Kampus

Atas pencapaian Tim Cakrawala sebagai National Winner Indonesia L’Oréal Brandstorm 2023, Prof. Dr. Heri Hermansyah selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyatakan dukungan penuh. 

Menurutnya, kolaborasi mahasiswa dari dua bidang ilmu berhasil menciptakan produk inovatif yang tepat guna bagi masyarakat. Semoga ide ini terus dikembangkan hingga dapat diimplementasikan menjadi produk yang baik untuk masyarakat dan sukses mewakili Indonesia di kancah internasional.


Post a Comment

Post a Comment

close