cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Arti Bacaan Syafakillah dan Syafakallah beserta Cara Menjawabnya

Syafakillah dan Syafakallah adalah dua kata yang sering kita dengar atau ucapkan ketika ada orang yang sedang sakit. Kedua kata ini merupakan doa kesembuhan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Namun, apakah kita sudah tahu arti dan cara penggunaan kata-kata ini dengan benar? Berikut ini adalah penjelasannya.

Beda Arti Syafakillah dan Syafakallah

Syafakillah dan Syafakallah berasal dari akar kata (شفا يشفي شفاء) syafaa-yasyfii-syifa' yang berarti menyembuhkan & kesembuhan. Dan kata Allah yang berarti nama Tuhan. Jadi, secara harfiah, kedua kata ini berarti semoga Allah memberikan kesembuhan. Namun, perbedaannya terletak pada akhiran -illah dan -allah yang menunjukkan gender atau jenis kelamin dari orang yang didoakan.

Syafakillah (شفاكِ الله) diucapkan untuk perempuan yang sakit, sedangkan Syafakallah (شفاكَ الله) diucapkan untuk laki-laki yang sakit. Ini sesuai dengan kaidah bahasa Arab yang mengatur bahwa akhiran -illah digunakan untuk muannats (perempuan) dan akhiran -allah digunakan untuk mudzakkar (laki-laki).

Cara Menjawab Syafakillah dan Syafakallah

Ketika kita mendengar atau membaca ucapan Syafakillah atau Syafakallah dari orang lain, maka kita sebaiknya menjawabnya dengan ucapan yang sopan dan mengandung doa pula. Ada beberapa cara untuk menjawab ucapan ini, antara lain:

- Aamiin atau Aamiin ya Rabbal 'aalamiin. 

Artinya: Amin atau Amin ya Tuhan semesta alam. Ini adalah jawaban yang paling sederhana dan umum digunakan. Amin berarti semoga dikabulkan oleh Allah.

- Jazakallahu khairan atau Jazakillahu khairan. 

Artinya: Semoga Allah membalas kebaikanmu (laki-laki) atau Semoga Allah membalas kebaikanmu (perempuan). Ini adalah jawaban yang lebih sopan dan menghargai orang yang mendoakan kita. Jazakallahu khairan berasal dari kata jaza yang berarti balasan, Allah yang berarti Tuhan, dan khair yang berarti kebaikan.

- Barakallahu fik atau Barakallahu fiki.

Artinya: Semoga Allah memberkati engkau (laki-laki) atau Semoga Allah memberkati engkau (perempuan). Ini adalah jawaban yang lebih mengharapkan berkah dari Allah bagi orang yang mendoakan kita. Barakallahu fik berasal dari kata baraka yang berarti berkah, Allah yang berarti Tuhan, dan fik atau fiki yang berarti engkau.

Demikianlah arti Syafakillah dan Syafakallah beserta cara menjawabnya. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit. Dan jika ada saudara, teman, atau tetangga kita yang sakit, mari kita doakan dengan ucapan Syafakillah atau Syafakallah sesuai dengan gender mereka.

Source: 

1. salamadian.com
2. news.detik.com
3. gramedia.com
4. kumparan.com
Post a Comment

Post a Comment

close