cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Sholawat Mansub Lengkap dengan Teks Arab, Latin, Makna dan Keutamaan Mengamalkannya

Sholawat mansub adalah salah satu jenis sholawat yang berasal dari karya Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid, atau yang lebih dikenal dengan nama Habib Sholeh Tanggul. Beliau adalah seorang ulama dan waliyullah yang berasal dari Hadramaut, Yaman, dan menetap di Tanggul, Jember, Jawa Timur untuk berdakwah. Beliau wafat pada tahun 1976 Masehi dan meninggalkan banyak warisan ilmu dan amalan, termasuk sholawat mansub ini.

Sholawat mansub memiliki banyak keutamaan bagi pembacanya, salah satunya adalah dapat mengabulkan hajat dan doa jika dibaca secara rutin. 

Habib Sholeh sendiri pernah berkata: "Sholawat ini dibaca 11 atau 41 kali dengan niat untuk memperoleh kemudahan dan terkabulnya semua hajat, insyaAllah akan mendapatkannya”. Selain itu, sholawat mansub juga dapat mengampuni dosa-dosa, memperbaiki hati-hati, melancarkan urusan-urusan, dan memudahkan kesulitan-kesulitan.

Bacaan Sholawat Mansub: Teks Arab Latin dan Terjemah 

Berikut adalah bacaan sholawat mansub dalam teks Arab, Latin dan terjemahan Indonesia:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوْبَ , وَتُصْلِحُ بِهَا الْقُلُوْبَ , وَتَنْطَلِقُ بِهَا الْعُصُوْبُ , وَتَلِيْنُ بِهَا الصُّعُوْبُ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوْبٌ

Allohumma sholi ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan taghfiru bihaa dzunuub, watushlihu bihaal quluub, watantholiqu bihaal ‘ushuub, wataliinu bihas shu’uub, wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa man ilaihi mansuub. 

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang dengannya Engkau ampuni kami, Engkau perbaiki hati kami menjadi lancar urat-urat kami, menjadi mudah segala kesulitan, juga kepada keluarganya dan para sahabatnya beserta orang-orang dimansubkan (dinisbatkan) kepada beliau."

Cara Mengamalkan Sholawat Mansub

Untuk mengamalkan sholawat mansub, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

- Niatkanlah untuk mengharap ridha Allah SWT dan berkah Nabi Muhammad SAW.

- Bacalah sholawat mansub sebanyak 11 atau 41 kali setelah sholat fardhu atau pada waktu-waktu mustajab seperti malam Jumat atau malam Lailatul Qadar. Atau terserah Yang mengamalkannya karena tidak ada ketentuan pasti dan tidak wajib.

- Sertakanlah doa atau hajat yang ingin dikabulkan setelah membaca sholawat mansub.

- Yakinlah bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa atau hajat tersebut sesuai dengan kehendak-Nya.

Demikian bacaan sholawat mansub lengkap beserta teks Arab Latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita tentang sholawat. Aamiin.

Sumber referensi:
(1) https://www.sonora.id/read/423517661/bacaan-sholawat-mansub-arab-latin-dan-artinya-lengkap.
(2) https://www.fiqihmuslim.com/2016/02/bacaan-sholawat-manshub-habib-sholeh.html.
(3) https://broonet.com/lirik-sholawat-mansub/.
Post a Comment

Post a Comment

close