cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Tips Islami Mengusir Semut dari Rumah Tanpa Harus Membunuhnya

Semut merupakan salah satu makhluk Allah yang disebut dalam Al Quran, yaitu dalam surat An Naml yang artinya semut. Semut adalah hewan yang pekerja keras, cerdas, dan bertasbih kepada Allah. Rasulullah SAW melarang umatnya untuk membunuh semut dengan cara apapun, termasuk membakar sarangnya.

Namun, terkadang keberadaan semut di rumah bisa menjadi gangguan bagi kita. Semut bisa menggigit kulit kita, memakan makanan kita, atau merusak barang-barang kita. Bagaimana cara mengusir semut dari rumah tanpa harus membunuhnya?

Doa Mengusir Semut dari Rumah

Salah satu cara mengusir semut dari rumah yang sesuai dengan ajaran Islam adalah dengan berdoa. Dengan memanjatkan doa mengusir semut, kita menunjukkan rasa hormat kepada makhluk Allah dan berharap agar semut mau berpindah tempat dengan sendirinya.

Berikut adalah bacaan doa mengusir semut dari rumah yang bisa kita ucapkan:

"Assalamu'alaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat."

Doa ini didasarkan pada kisah Nabi Sulaiman AS yang mendengar percakapan semut saat beliau dan pasukannya melewati sarang semut. Nabi Sulaiman AS tersenyum dan mengucapkan salam kepada semut-semut tersebut.

Tips Lain Mengusir Semut dari Rumah

Selain berdoa, ada beberapa tips lain yang bisa kita lakukan untuk mengusir semut dari rumah tanpa harus membunuhnya. Berikut adalah beberapa tipsnya:

- Bersihkan rumah secara rutin dan pastikan tidak ada sisa makanan atau minuman yang bisa menarik perhatian semut.

- Tutup rapat tempat penyimpanan makanan atau minuman agar tidak dimasuki oleh semut.

- Gunakan bahan-bahan alami yang bisa menghalau semut, seperti karet gelang, petroleum jelly, air lemon, daun sirih, tepung terigu, bedak tabur, cairan pembersih kaca, tea tree oil, atau minyak peppermint. Oleskan atau semprotkan bahan-bahan tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui oleh semut.

- Jangan membunuh atau menyakiti semut yang ada di rumah. Jika ada semut yang terjebak atau terkena bahan penghalau, angkatlah dengan hati-hati dan lepaskan di luar rumah.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, insyaAllah kita bisa mengusir semut dari rumah tanpa harus membunuhnya. Semoga bermanfaat dan barokallah. Aamiin.

Post a Comment

Post a Comment

close