cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Cassius, Buaya Air Asin Terbesar di Dunia yang Berusia 120 Tahun

Cassius adalah buaya air asin terbesar di dunia yang berusia 120 tahun. Baca kisahnya dan informasi terkait buaya air asin di sini. 

George Crage, pemilik Taman Buaya Marineland, memberi makan Cassius. Foto: Marineland Melanesia

Buaya air asin adalah salah satu hewan yang paling ditakuti di dunia karena ukuran, kekuatan, dan keganasannya. Namun, ada satu buaya air asin yang berhasil bertahan hidup dari perburuan manusia dan menjadi buaya penangkaran terbesar di dunia. Namanya adalah Cassius, buaya raksasa yang berusia 120 tahun dan memiliki panjang sekitar 5,5 meter.

Siapa Buaya Cassius?

Cassius adalah buaya air asin jantan yang hidup di Marineland Crocodile Park di Green Island, Australia. Dia dinamai menurut Cassius Clay, nama asli petinju legendaris Muhammad Ali. Cassius ditangkap di Sungai Finniss, Darwin, pada tahun 1984 karena sering memangsa ternak sapi di sekitar sungai. Saat itu, dia sudah berusia antara 30 sampai 80 tahun dan memiliki panjang sekitar 5,13 meter.

Cassius kemudian dibeli oleh George Craig, pemilik Marineland Crocodile Park, dan dipindahkan ke penangkaran di Green Island. Di sana, Cassius mendapatkan perawatan yang baik dan makanan yang cukup. Dia juga memiliki kolam yang luas dan teman-teman buaya lainnya.

Mengapa Cassius Spesial?

Cassius adalah buaya penangkaran terbesar di dunia yang tercatat dalam Guinness World Records sejak tahun 2011. Dia juga salah satu buaya tertua yang masih hidup saat ini. Menurut perkiraan ilmuwan, Cassius berusia sekitar 120 tahun. Umur ini sangat luar biasa karena rata-rata buaya air asin hanya hidup selama lebih dari 70 tahun.

Selain itu, Cassius juga memiliki pertumbuhan yang tidak biasa. Dia terus bertambah panjang meskipun sudah mencapai usia dewasa. Saat ini, dia memiliki panjang sekitar 5,5 meter dengan berat sekitar 1 ton. Dia juga masih memiliki nafsu makan yang besar dan aktif berinteraksi dengan penjaga dan pengunjung.

Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Cassius?

Cassius adalah buaya yang luar biasa yang memberikan kita banyak pelajaran tentang kehidupan buaya air asin. Dia menunjukkan bahwa buaya air asin adalah hewan yang kuat, tangguh, dan tahan banting. Dia juga menunjukkan bahwa buaya air asin adalah hewan yang cerdas, sosial, dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selain itu, Cassius juga memberikan kita kesempatan untuk mengamati perilaku dan karakteristik buaya air asin secara lebih dekat. Kita bisa melihat bagaimana dia berenang, berjemur, bernapas, berburu, berkawin, dan bersosialisasi dengan buaya lainnya. Kita juga bisa melihat bagaimana dia bereaksi terhadap rangsangan seperti suara, cahaya, gerakan, dan bau.

Bagaimana Cara Melihat Cassius?

Jika Anda ingin melihat Cassius secara langsung, Anda bisa mengunjungi Marineland Crocodile Park di Green Island, Australia. Di sana, Anda bisa melihat Cassius dan ratusan buaya lainnya dalam kolam-kolam besar yang dikelilingi oleh pagar pengaman. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan makan buaya yang dilakukan oleh penjaga setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa melihat Cassius dari dekat dengan naik perahu kaca yang disebut Croc Explorer. Perahu ini akan membawa Anda ke dalam kolam Cassius dan memungkinkan Anda untuk melihat tubuhnya yang besar dan giginya yang tajam dari bawah air. Anda juga bisa mendengar suara mendengus dan menggeramnya yang menggetarkan.

Kesimpulan

Cassius adalah buaya air asin terbesar di dunia yang berusia 120 tahun dan memiliki panjang sekitar 5,5 meter. Dia adalah buaya yang luar biasa yang memberikan kita banyak pelajaran tentang kehidupan buaya air asin. Dia juga adalah buaya yang menarik yang bisa kita lihat secara langsung di Marineland Crocodile Park di Green Island, Australia.

Jika Anda tertarik dengan kisah Cassius, Anda bisa menonton video berikut ini yang menampilkan Cassius dan penjaga buayanya, Toody Scott.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang buaya air asin. Terima kasih telah membaca.

Sumber:

(1) https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6766925/kisah-buaya-penangkaran-terbesar-di-dunia-tumbuh-terus.
(2) https://inet.detik.com/science/d-6757045/penampakan-buaya-terbesar-dunia-berusia-120-tahun.
(3) https://www.koransemesta.com/2023/06/kisah-buaya-penangkaran-terbesar-di-dunia-tumbuh-terus/.
Post a Comment

Post a Comment

close