cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Kapan Waktu Sholat Dhuha yang Mustajab, Jangan Sampai Terlewat!

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. 

Namun, tidak semua orang mengetahui kapan waktu sholat Dhuha yang mustajab, yaitu waktu yang paling tepat dan baik untuk melaksanakan sholat ini. Padahal, waktu sholat Dhuha yang mustajab bisa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam segala urusan kita.

Apa itu Sholat Dhuha?

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu pagi hari, setelah matahari terbit hingga sebelum waktu zuhur. Sholat Dhuha terdiri dari minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat. Sholat Dhuha disebut juga sebagai sholat awwabin, yaitu sholat orang-orang yang bertaubat.

Mengapa Sholat Dhuha Penting?

Sholat Dhuha penting karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah:

- Sholat Dhuha merupakan sedekah untuk setiap persendian tubuh kita

Rasulullah SAW bersabda: "Setiap pagi, setiap persendian dari kalian harus bersedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah, dan cukuplah dua rakaat sholat Dhuha sebagai penggantinya." (HR. Muslim)

- Sholat Dhuha merupakan sebab untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit lalu ia sholat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala seperti haji dan umrah yang sempurna." (HR. Tirmidzi)

- Sholat Dhuha merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat Allah SWT di hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda: "Sholatlah kalian pada waktu Dhuha, karena sesungguhnya itu adalah waktu di mana para nabi diutus. Barangsiapa yang sholat pada waktu itu empat rakaat, maka ia akan mendapatkan syafaat Allah." (HR. Ahmad)

Kapan Waktu Sholat Dhuha yang Mustajab?

Waktu sholat Dhuha yang mustajab adalah ketika matahari sudah naik sekitar satu tombak atau sepertiga tinggi langit. Waktu ini biasanya terjadi antara pukul 08.00 hingga 10.00 pagi, tergantung pada lokasi dan musim. Waktu sholat Dhuha yang mustajab ini disebut juga sebagai waktu ishraq atau waktu syuruq.

Waktu sholat Dhuha yang mustajab ini memiliki keistimewaan karena merupakan waktu di mana Allah SWT turun ke langit dunia dan memberikan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang berdoa dan beribadah kepada-Nya. 

Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan waktu sholat Dhuha yang mustajab ini. Mari kita manfaatkan waktu ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan sholat Dhuha dan berdoa dengan khusyu' dan ikhlas. Semoga Allah SWT menerima sholat Dhuha kita dan memberikan kita keberkahan dan kemudahan dalam segala urusan kita. Aamiin.

Post a Comment

Post a Comment

close