cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Lirik Shalawat Sidnan Nabi Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Maknanya

Lirik Sidnan Nabi dan artinya. Shalawat Nabi Muhammad SAW yang penuh makna dan keutamaan. Baca artikel lengkapnya di sini.

Mengenal Lebih Dekat Shalawat Nabi Muhammad SAW

Shalawat adalah doa dan pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap beliau. Salah satu shalawat yang populer dan sering dibaca oleh umat Islam adalah Sidnan Nabi. 

Lirik Sidnan Nabi berisi pujian kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Lirik Sidnan Nabi juga mengandung permohonan agar kita mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat.

Apa Makna dan Keutamaan Shalawat?

Shalawat berasal dari kata shala yang berarti doa atau pujian. Shalawat adalah bentuk jamak dari shalah yang berarti doa atau pujian tunggal. Shalawat juga bisa diartikan sebagai salam atau penghormatan.

Shalawat adalah salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

Dari ayat ini, kita bisa mengetahui bahwa shalawat adalah ibadah yang sangat mulia dan dicintai oleh Allah SWT. Shalawat juga merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW yang selalu membaca shalawat untuk dirinya sendiri dan para nabi sebelumnya.

Shalawat memiliki banyak makna dan keutamaan, di antaranya adalah:

- Shalawat adalah bentuk cinta dan rasa syukur kita kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari kegelapan menuju cahaya.

- Shalawat adalah bentuk pengakuan kita bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT yang terbaik dan terakhir.

- Shalawat adalah bentuk permohonan kita agar Allah SWT memberikan kesejahteraan, kemuliaan, dan keberkahan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

- Shalawat adalah bentuk permohonan kita agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan mengangkat derajat kita di sisi-Nya.

- Shalawat adalah bentuk permohonan kita agar Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang dekat dengan Nabi Muhammad SAW di dunia dan akhirat.

- Shalawat adalah bentuk permohonan kita agar Allah SWT memberikan syafaat kepada kita melalui Nabi Muhammad SAW di hari kiamat.

Bagaimana Cara Membaca Shalawat?

Shalawat bisa dibaca kapan saja dan di mana saja, baik secara sendiri-sendiri maupun berjamaah. Shalawat bisa dibaca dengan lisan maupun hati, dengan suara keras maupun pelan, dengan bahasa Arab maupun bahasa lainnya.

Ada banyak jenis shalawat yang bisa dibaca, seperti shalawat Ibrahimiyah, shalawat Tafrijiyah, shalawat Munjiyah, shalawat Badariyah, shalawat Nariyah, shalawat Fatih, shalawat Nuril Anwar, shalawat Al-Fath, shalawat Al-Burda, dan lain-lain.

Salah satu shalawat yang populer dan sering dibaca oleh umat Islam adalah Sidnan Nabi. Lirik Sidnan Nabi berisi pujian kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Lirik Sidnan Nabi juga mengandung permohonan agar kita mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat.

Lirik Sidnan Nabi dan Artinya?

Berikut adalah lirik Sidnan Nabi dan artinya:

Video Sholawat Sidnan Nabi by Haddad Alwi feat Sulis

Teks Arab Lirik Sidnan Nabi

سدنآلنبی
سدنا النبى٬ سدنا النبى٬ سدنا النبى
سدنا النبى٬ سدنا النبى٬ سدنا النبى
سيدي محمد آمن قطب حبيب النبی
أحمدك اللهم حمدا مستمر، عد عطاياك التی لاتنحصر
مصليا علی ختام الأنبياء٬ والآل والصحب الهداة الأتقياء
لافخر للبنت بملبس وما٬ به تحلت من حلي إنما
فخرالفتاة بالعلوم والأدب٬ لابالجمال والحرير والذهب

Teks Latin Lirik Sidnan Nabi

Sidnan Nabi, Sidnan Nabi, Sidnan Nabi
Sidnan Nabi, Sidnan Nabi, Sidnan Nabi
Siidii Muhammad aamin quthbi habiibin Nabi

Ahmaduka Allahumma hamdan mustamir
Adda ‘athooyaakallatiy laa tanhashir
Musholliyan ‘alaa khitaamil anbiyaa’
Wal aali wasshohbil hudaatil atqiyaa’

Laa fakhro lil binti bimalbasin wamaa
Bihi tahallat min hulliyyin innamaa
Fakhrol fataati bil ‘uluumi wal adabi
Laa biljamaali wal hariiri wadz dzahabi

Terjemah Lirik Sidnan Nabi

Ku muliakan Nabi, ku muliakan Nabi, ku muliakan Nabi
Sayyid Muhammad Amin Quthbi kekasih Nabi

Aku puji engkau dengan pujian yang langgeng
Sejumlah pembrianmu yang tak terhitung
Dengan bersholawat kepada sang penutup para nabi
Dan keluarga serta sahabat nabi yang memberi petunjuk untuk bertaqwa

Demikianlah artikel singkat tentang lirik Sidnan Nabi dan artinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan ke teman-teman Anda. Terima kasih. 😊

Post a Comment

Post a Comment

close